Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang

Authors

  • Afifah Randa Syawalsa Universitas Bina Darma
  • Itryah Itryah Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074

Keywords:

Smk Negeri 2 Palembang, Konseling, Eksistensial- Humanistik

Abstract

SMK Negeri 2 Palembang merupakan salah satu mitra yang terbuka menerima mahasiswa yang ingin melakukan magang/praktik kerja. Siswa pada masa sekolah menengah atas merupakan siswa remaja yang sedang mengalami beberapa kondisi psikis dan psikososial yang beragam, seperti krisis identitas dan lain-lain.metode dalam pengabdian masyarakat ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskritif untuk melakukan pendekatan lebih dalam dengan subjek. hasil pengabdian Penerapan pendekatan Eksistensial-Humanistik pada konseling individu dengan siswa SMK Negeri 2 Palembang bisa dikatakan cocok dengan konsep dan prinsip pendekatan tersebut. Dalam konseling humanistik, konselor memberikan kebebasan kepada konseli untuk memilih keputusannya sendiri, tetap dengan peringatan akan konsekuensinya.

References

Amalia, R. (2016). Penerapan konseling eksistensial humanistik berbasis nilai budaya minangkabau dalam kesetaraan gender untuk meningkatkan self esteem pada remaja putri. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2(2), 9-16.

Fitri, Q., Mahmud, A., & Saman, A. (2019). Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makassar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41-52.

Hartini, N., & Ariana, A. D. (2016). Psikologi Konseling Perkembangan dan Penerapan Konseling dalam Psikologi. Surabaya.

Maddinsyah, A., Fauzi, I., & Barsah, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatam-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 259-266.

Ningsih, L. P. A. W., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan konseling eksistensial humanistik dengan teknik meditasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X Titl 3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Pranajaya, S. A., Firdaus, A., & Nurdin, N. (2020). Eksistensial humanistik dalam perspektif bimbingan konseling islam. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 27-41.

Sa’adah, D. Z. (2020). Konseling Eksistensial Humanistik untuk mengurangi kecemasan terhadap masa depan. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(3), 112-118.

Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-pendekatan Konseling Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH

Sudani, N. K., Suarni, N. K., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan konseling eksistensial humanistik teknik pemodelan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).

Zulfikar, Z., Hariko, R., Muwakhidah, M., & Aritonang, N. (2017). Konseling Humanistik: Sebuah Tinjauan Filosofi. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Syawalsa, A. R., & Itryah, I. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Pada Siswa Smk Negeri 2 Palembang. DEDIKASI PKM, 5(3), 657 – 665. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43074