Pembuatan Poster Layanan Publik Dalam Rangka Meningkatkan Pemahaman Digitalisasi Layanan Publik Bagi Aparatur Desa

Authors

  • Sitna Hajar Malawat Prodi Administrasi Publik FISIP UNISKA
  • Abdurrahman Sidik Program Studi Sistem Informasi, UNISKA MAB
  • Ridwan Sya'rani Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Uniska MAB
  • Deli Anhar Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Uniska MAB
  • Abdul Haliq Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Uniska MAB
  • Ahmad Kurniawan Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Uniska MAB
  • Riska Amelia Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Uniska MAB

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43096

Keywords:

Pelatihan, poster, Layanan Publik, Digitalisasi

Abstract

Poster Layanan Publik yang baik, jelas dan menarik tentu bermanfaat bagi warga masyarakat dalam memahami informasi/kebijakan2 yang disosialisasikan oleh pemerintah dalam hal ini kantor desa sebagai ujung tombak pelayanan publik harus mampu memfasilitasi keterbukaan informasi publik tersebut salah satunya dengan menyediakan tampilan poster layanan publik yang menarik dan jelas dibaca warga masyarakat. Khalayak sasaran kegiatan pengabdian ini pada khususnya adalah aparatur desa anjir serapat baru kecamatan kapuas timur kabupaten kapuas. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan dokumentasi. Secara umum pelatihan ini dapat dikatakan berhasil karena para peserta pelatihan mengikuti dengan tekun dan tertib terhadap materi yang di sampaikan. Bahkan setelah dilakukan tanya jawab, para peserta menyatakan bahwa setelah mengikuti pelatihan pengetahuan dan pemahaman mereka bertambah.

References

Barata, Atep Adhya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Jakarta

Basrowi dan Asuwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta : Jakarta

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hanif, Nurcholis. 2005. Teori dan Praktik Pemeritahan dalam Otonomi Daerah : Grasindo. Jakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Heriyadi, Listiana, E. dan Lay, Y.N. (2018). An Analysis of the Influence of Service Quality, Personal Selling and Complaint Handling and Trust on Customer Retention (Survey of Bank Harda International Savings Customers, Pontianak Branch). Volume 7 Number 2.

Ibrahim, Amin, 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Mandar Maju. Bandung.

Kotler.P. (2008). Marketing Principles 2. Twelfth Edition. Jakarta : Erlangga.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-ruz Media. Yogyakarta.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sastroatmojo, Sudijono. 1995. Perilaku Politik. IKIP Press. Semarang. Sinambela, P. Lijan. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Jakarta.

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Refika Aditama. BandungPrograms on Customer’s Loyalty: Evidence from Banking Sector of Pakistan”, International Journal of Business and Social Science ,Vol.3 No.16, pp. 200-209.

Sutedi, Adrian. 2011. Hukum Perizinan Dalam Pelayanan Publik. Sinar Garfika. Jakarta

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Malawat, S. H., Sidik, A., Sya’rani, R., Anhar, D., Haliq, A., Kurniawan, A., & Amelia, R. (2024). Pembuatan Poster Layanan Publik Dalam Rangka Meningkatkan Pemahaman Digitalisasi Layanan Publik Bagi Aparatur Desa. DEDIKASI PKM, 5(3), 685 – 689. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43096