Sosialisasi Privasi Data dan Hak Digital Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Denpasar

Authors

  • Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa Universitas Primakara
  • Ketut Queena Fredlina Universitas Primakara
  • Putri Anugrah Cahya Dewi Universitas Primakara
  • I Gede Putu Krisna Juliharta Universitas Primakara

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43160

Keywords:

Sosialisasi, Literasi Digital, Keamanan Digital

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan dalam  menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi peserta didik tingkat perguruan tinggi yang berada di Denpasar-Bali. Fokus dari penyuluhan ini adalah mengenai pentingnya Literasi Digital untuk mencegah hal-hal seperti Pencurian Data Pribadi, Plagiarisme, dan Hak Kekayaan Intelektual. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu berupa pemaparan materi oleh para narasumber dalam bentuk webinar yang dilaksanakan secara online menggunakan media aplikasi Zoom. Kegiatan webinar ini diikuti oleh 90 orang peserta, dan hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa pemahaman dari peserta mengenai pentingnya  privasi data dan hak-hak digital sudah mengalami peningkatan (27,6%), yang dapat dilihat dari perbandingan pre-test dan post-test.

References

Astawa, N. L. P., Dwayani, N. K. S. M., & Suartama, I. K. (2023). PKM Literasi Digital untuk Meningkatkan Etika dan Keamanan Digital Siswa SMKS PGRI 3 Denpasar. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 7(1), 45-50. https://doi/10.31849/jatiemas.v7i1.7343.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Dapat di akses pada: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html

Cholifah, S. dan Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Live Worksheet Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23-34. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280

CNBC Indonesia. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. Tautan akses: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Fajri, V. dan Aisiah, A. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Unp Angkatan 2021 Ditinjau Dari Enam Komponen Literasi Digital. Jurnal Kronologi, 4(3), 394-406. https://doi.org/10.24036/jk.v4i3.379

Gunawan, H. (2021). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi Dan Privasi Dalam Sosial Media. Jurnal Muara Sains Teknologi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i1.3456

Kompas. (2022). Pelanggaran Hak Cipta Kian Mudah Terjadi. Tautan akses: https://www.kompas.id/baca/dikbud/2022/05/18/pelanggaran-hak-cipta-kian-mudah-terjadi

Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. N. B., Widnyani, N. M., Juliharta, I. G. P. K., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2023). A New Paradigm of Selling for Communities in the Traditional Village Environment, Beware of Online Transaction Fraud Using Digital Payment. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 391-395. https://doi.org/10.32832/abdidos.v7i2.1620.

Unicef. (2021). Laporan Akhir: Situasi untuk Lanskap Pembelajaran Digital di Indonesia. Dapat di akses pada: https://www.unicef.org/indonesia/media/13421/file/Analisis%20Situasi%20untuk%20Lanskap%20Pembelajaran%20Digital%20di%20Indonesia.pdf

We Are Social. (2023). Laporan Khusus Digital 2023. Tautan Akses: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

Werthi, K. T., Perwira, A. G. A. N., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Positif, Kreatif di Sosial Media di Lingkungan Pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 275-278. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1396

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Astawa, N. L. P. N. S. P., Fredlina, K. Q., Dewi, P. A. C., & Juliharta, I. G. P. K. (2024). Sosialisasi Privasi Data dan Hak Digital Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Denpasar. DEDIKASI PKM, 5(3), 650 – 656. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43160