Application of Local Creative Value Exercises in Increasing Human Resources And Sales of Naviza Ikat Weaning Msmes, Jepara, Central Java

Authors

  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang
  • E Nurzaman Universitas Pamulang
  • Rachmat Kartolo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43766

Keywords:

Kreatif Lokal, Sumber Daya Manusia, Pemasaran Melalui Teknologi Digital, Market Place, Peningkatan Pendapatan

Abstract

Tenun Troso Jepara dihasilkan dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), yang menghasilkan kain bernilai tinggi dibandingkan dengan Alat Tenun Mesin (ATM) karena prosesnya memerlukan waktu lebih lama, sekitar satu hingga tiga hari (Sumber pelaku UMKM 2024). Kewirausahaan berperan penting dalam pembangunan ekonomi, dan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan SDM dan pemasaran menggunakan teknologi digital melalui marketplace. UMKM Navaza Tenun Ikat Jepara menjadi pionir dalam pemasaran digital untuk meningkatkan pendapatan. Meski tidak semua pelaku bisnis terbiasa dengan teknologi digital, tren ini diminati konsumen di era Society 5.0. Teknologi digital memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan UMKM ATBM dengan memudahkan promosi dan transaksi. Persaingan bisnis yang ketat menuntut pelaku usaha untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kegiatan pengabdian ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan bimbingan dalam pengembangan SDM dan pemasaran melalui teknologi digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengembangan Tenun Troso perlu memperhatikan aspek industri, teknologi, SDM, institusi, dan keuangan. Aspek institusi dapat memitigasi masalah yang dihadapi pelaku UMKM Naviza Tenun Ikat, Jepara. Pengembangan SDM dan strategi pemasaran berbasis teknologi juga penting untuk meningkatkan pendapatan UMKM tersebut.

References

Daniel & Sunariayah (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intelectualcapital Dan Perceived Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, No. 1, Hal. 11.

Farwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan KotaPekanbaru. Prosiding Sembadha, 1, 225-229.

Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.

Fuadillah, S., Amalia, A. A., & Nur, K. W. (2021). Pelatihan food photography bagi kelompok UKM kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 151.

Indonesia, R. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Keuangan, O. J. (2017). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil, dan menengah. Retrieved March, 15, 2018.

RPIJM (Rencana Program Investasi Jangka Menengah) Bidang Cipta KaryaTahun 2019-2023. 2019. Tangerang Selatan.

Sugiyanto, E. M. (2018). Earning Management, Risk Profile And Efficient Operation In The Prediction Model Of Banking

SUGIYANTO, S. (2018). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 82-96.

Sugiyanto, S. (2022). The effect of the audit opinion, financial distress, and good corporate governance on audit delay. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 72-82

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Syafrizal, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Intensitas Persediaan, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar Idx 2017-2021). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 829- 842.

Wahyu Anisa, Mifthofani dan Fitrie Arianti (2019) Strategi Pengembangan IKM Tenun Troso Di Jepara Kabupaten Jepara DIPONEGORO JOURNAL OF ECONOMICS Volume 1, Nomor 1, Tahun 2019, halaman 17

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Sugiyanto, S., Nurzaman, E., & Kartolo, R. (2024). Application of Local Creative Value Exercises in Increasing Human Resources And Sales of Naviza Ikat Weaning Msmes, Jepara, Central Java. DEDIKASI PKM, 5(3), 721 – 727. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.43766