AI for Teachers Project: Pengembangan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Mengintegrasikan Teknologi Kecerdasan Artifisial
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.44648Keywords:
Kompetensi Pedagogi Guru, Teknologi Kecerdasan Artifisial, Pembelajaran MenulisAbstract
Kompetensi pedagogi guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Semarang mengalami stagnasi. Teknologi pembelajaran, utamanya teknologi kecerdasan artifisial (TKA) yang berpotensi mendorong keterampilan menulis peserta didik belum diintegrasikan dalam pembelajaran. Kendala yang ditemui, antara lain belum adanya praktik baik integrasi TKA dan kurangnya kemampuan guru dalam merancang pembelajaran menulis berbantuan TKA yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dalam mengintegrasikan TKA pada pembelajaran menulis Kegiatan pelatihan dilaksanakan di ruang Laboratorium Bahasa SMK Negeri 2 Semarang, tanggal 17 September 2024. Kegiatan diikuti 31 guru bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Semarang dari 26 instansi. Pengabdian dilaksanakan dengan metode (1) pelatihan integrasi TKA dalam pembelajaran menulis disertai simulasi dengan teknik pretest-posttest dan (2) pendampingan penyusunan rancangan pembelajaran menulis berbasis TKA yang menghasilkan produk Kumpulan modul ajar. Hasil kegiatan menunjukkan (1) upaya pelatihan berhasil memberi dampak positif bagi peningkatan kompetensi pedagogi guru sebesar 32,5% dari persentase pretest sebesar 61% menjadi 93,5% dan (2) dari hasil pendampingan, sebesar 61,3% peserta berhasil menyelesaikan penyusunan rancangan pembelajaran menulis berbantuan TKA. Simpulan kegiatan ini pelatihan dan pendampingan memberi manfaat berupa meningkatnya kompetensi pedagogi peserta, utamanya terkait pemanfaatan TKA dalam pembelajaran menulis. Saran diberikan kepada pengurus MGMP untuk secara berkala mengadakan pertemuan lanjutan untuk diskusi hasil implementasinya.
References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Celik, I., Dindar, M., Muukkonen, H. (2022). The promises and challenges of artificial intelligence for teachers: A systematic review of research. TechTrends, 66, 616–630. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00715-y.
Cheung, S. K., Phusavat, K., & Yang, H. H. (2021). Shaping the future learning environments with smart elements: Challenges and opportunities. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 1-10. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00254-.
Demir, K., & Akpinar, E. (2018). The effect of mobile learning applications on students' academic achievement and attitudes toward mobile learning. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(2), 48-59. https://doi.org/10.17220/mojet.2018.02.004.
Hare, J. (2022). The pros and cons of using AI content writing tools [Internet], cited 28 Juni 2023. Available from: https://searchengineland.com/the-pros-and-cons-of-using-ai-content-writing-tools-387519.
Lesgold, A. M. (2019) Learning for the age of artificial intelligence: Eight education competences. London: Routledge.
Okojie, M. C., Olinzock, A. A., Okojie-Boulder. (2006). The pedagogy of technology integration. The Journal of Technology Studies, 32(2), 66-71. https://doi.org/10.21061/jots.v32i2.a.1.
Rich, E., Knight, K., & Nair, S. B. (2009). Artificial intelligence. New York: Tata McGraw-Hill Education Private.
Utami, S.P.T., Andayani, Winarni, R., & Sumarwati. (2023). Technology Integration in Indonesian Language Class for Senior High School: A Systematic Review. Prosiding The 2nd International Conference of Humanities and Social Science, ICHSS 2022, 17 December. https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2022.2333297.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Santi Pratiwi Tri Utami, Rustono Rustono, Ninuk Sholikhah Akhiroh, Liliek Handoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.