Pendampingan Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi Sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Siswa SMKN 3 Surakarta

Authors

  • Wiwit Irawati Universitas Pamulang, Banten https://orcid.org/0000-0002-7950-4409
  • Dwi Sulistiani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rafles Ginting Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
  • Dian Widiyati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Dian Wulan Sari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Humaniora, Universitas Bina Insan
  • Ricky Yunisar Setiawan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya
  • Mei K. Abdullah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Erlyna Tri Rohmiatun Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas NU Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.44737

Keywords:

Sosialisasi, Anti Korupsi, Budaya, Lingkungan Kerja

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat di SMKN 3 Surakarta bertujuan menanamkan nilai-nilai antikorupsi kepada siswa sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Korupsi di Indonesia telah menjadi tantangan serius yang menghambat kemajuan ekonomi dan merusak kepercayaan publik. Pendidikan menjadi solusi untuk membentuk generasi muda yang berintegritas. Dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), program ini mengajak siswa, guru, dan pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam mengidentifikasi, merencanakan, dan menjalankan kegiatan terkait anti korupsi di dunia kerja. Tahapannya mencakup diskusi kelompok, survei, lokakarya kolaboratif, dan simulasi skenario nyata untuk membantu siswa menghadapi dilema etika. Diharapkan program ini mencetak tenaga kerja yang memahami pentingnya integritas dan transparansi serta mampu menghindari perilaku korup di dunia profesional. Selain itu, kegiatan ini memperkuat reputasi SMKN 3 Surakarta dan berkontribusi kepada masyarakat lokal dengan menyiapkan lulusan beretika. Program ini menargetkan peningkatan pemahaman siswa mengenai antikorupsi, pengembangan keterampilan untuk mengenali dan menghindari praktik korupsi, serta penanaman nilai integritas. Evaluasi dilakukan melalui survei dan diskusi reflektif guna memastikan relevansi dan dampak jangka panjang bagi siswa dan masyarakat.

Author Biography

Wiwit Irawati, Universitas Pamulang, Banten

References

Frisnoiry, S., Waniza, E., Manullang, J. M. C., & Andini, P. (2024). Analisis Komprehensif Insiden Korupsi di Indonesia: Dampak pada Sektor Pendidikan dan Solusi Penanganannya. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(4), 1904–1920. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i4.2334

Lestari, A. (2022). Mewujudkan Budaya Anti Korupsi Di Kalangan Siswa Melalui Konsep Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi. Ganesha Civic Education Journal, 4(2), 335–344. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/1827%0Ahttps://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/download/1827/889

Prayuti, Y., Sihombing, L. A., & Nuraeni, Y. (2024). Penyuluhan Anti-Korupsi dalam Upaya Meningkatkan Integritas dan Transparansi di Indonesia Anti-Corruption Counseling to Enhance Integrity and Transparency in Indonesia and Transparency in Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana, 2(3), 10–20.

Setiawan, A., & Bachtiar, R. (2024). Pendidikan Antikorupsi Untuk Siswa Di Panti Asuhan Kecamatan Dau Kabupaten Malang Anti-Corruption Education for Students At the Orphanage, Dau District, Malang Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wisesa.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Irawati, W., Sulistiani, D., Ginting, R., Widiyati, D., Sari, D. W., Setiawan, R. Y., … Rohmiatun, E. T. (2025). Pendampingan Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi Sebagai Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Siswa SMKN 3 Surakarta. DEDIKASI PKM, 6(1), 96–105. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.44737