Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Ekonomi Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Heni Kuswanti Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Maria Ulfah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Endang Purwaningsih Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Okianna Okianna Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Warneri Warneri Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Basri Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Jumardi Budiman Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.44779

Keywords:

Pelatihan, Artikel Ilmiah, Guru Ekonomi

Abstract

Guru merupakan tenaga pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak jalur pendidikan formal. Guru berkewajiban untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Berbagai upaya dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas melalui Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini bukan hanya memberikan manfaat bagi guru pelaksana penelitian saja, namun hasil penelitian dan hasil pemikiran ini dapat memberikan manfaat bagi pendidikan secara umum apabila dapat disebarluaskan melalui publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, hasil penelitian yang dilakukan guru dapat menjadi masukan bagi guru lain dalam memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran. Kenyataan di lapangan, banyak guru yang sudah memiliki karya ilmiah namun tidak dipublikasikan sehingga hasil karya guru tersebut tidak dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak. Oleh karena itu, pelatihan diperlukan untuk membantu guru dalam memahami pentingnya melakukan publikasi karya imiah. Pelatihan ini dilaksanakan dengan alur tahap 1 yaitu penjelasan pemateri tentang penulisan artikel ilmiah dan tahap 2 penjelasan mengenai cara publikasi ilmiah pada jurnal nasional. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan hal hal sebagai berikut: 1) Pengetahuan awal peserta mengenai penulisan artikel ilmiah sudah dalam kategori paham menulis artikel ilmiah hasil Penelitian Tindakan Kelas; 2) Pengetahuan awal peserta mengenai publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional masih dalam kategori tidak paham dan belum bisa melakukan proses mulai dari pemilihan jurnal hingga submit artikel; 3) Setelah mengikuti kegiatan pelatihan peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan publikasi artikel ilmiah.

References

Andriyani (2023) ‘Pemahaman tentang Publikasi Ilmiah Pada Mahasiswa S1 Andriyani’, Jurnal Aksi Dosen dan Mahasiswa, 1(1), pp. 45–56. Available at: http://jurnal.dokicti.org/index.php/jadmas/index.

Arta, K.S. (2018) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng’, Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi ‘Acarya Pustaka’, 5(2), pp. 17–32. Available at: https://web.kominfo.go.id.

Azizah, A. and Fatamorgana, F.R. (2021) ‘Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran’, Jurnal Auladuna, 3(1), pp. 15–22.

Dewi, A.P. and Rusdinal (2020) ‘Perkembangan Karir Guru’, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 5(1), pp. 8–13.

Dianto, I. (2019) ‘Penulisan Ilmiah Murni dan Populer (Teori dan Praktik)’, Al-Mau’izhah Jurnal Ilmu Keislaman dan Ilmu Ilmu Sosial, 5(1), pp. 85–101.

Elfrianto (2016) ‘Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan’, Jurnal EduTech, 2(2).

Fardiana, M. et al. (2021) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru Di Kabupaten Tuban’, Dharma; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 77–89.

Hasan, H. and Rahmani, D.R. (2021) ‘Pentingnya publikasi ilmiah bagi guru’, Publishing Letters, 1(1), pp. 16–19. Available at: https://doi.org/10.48078/publetter.v1i1.3.

Marwoto, P. et al. (2013) ‘Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat’, ABDIMAS, 17(2), pp. 111–116.

Munawir, M., Aliya, N. and Bella, Q.S. (2022) ‘Pengembangan Profesi dan Karir Guru’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), pp. 75–83. Available at: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.339.

Nurulanningsih (2023) ‘Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sebagai Pengembangan Profesi Guru Bahasa Indonesia’, Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 04(01), pp. 50–61.

Parende, U.S. and Pane, W.S. (2020) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara’, Sistema: Jurnal Pendidikan, 01(01), pp. 23–35. Available at: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp.

Republik Indonesia (2005) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Republik Indonesia (2009) Peraturan Menteri Negera Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Supeni, S. and Yusuf (2018) ‘Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesi Guru Pada Guru SMP Widyawacana 1 Surakarta’, ADIWIYANA, II(2), pp. 146–152.

Downloads

Published

2025-01-12

How to Cite

Kuswanti, H., Ulfah, M., Purwaningsih, E., Okianna, O., Warneri, W., Basri, M., & Budiman, J. (2025). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Ekonomi Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya. DEDIKASI PKM, 6(1), 168 – 176. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.44779