Kolaborasi MBKM Proyek Kemanusian Dengan TBM Rumah Pintar Punggur Cerdas Dalam Meningkatkan Literasi Bagi Anak di Desa Punggur Kecil
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45162Keywords:
Pendidikan, Literasi, Desa Punggur KecilAbstract
Pendidikan adalah salah satu aspek krusial dalam memajukan suatu bangsa. Akses pendidikan antara wilayah perkotaan dan pedesaan masih terjadi kesenjangan. Salah satu upaya mengatasi kesenjangan ini muncul melalui pendirian Rumah Pintar Punggur Cerdas di Desa Punggur Kecil, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Rumah Pintar bertujuan menumbuhkan semangat literasi bagi anak di desa punggur kecil, melalui kolaborasi MBKM Proyek Kemanusian FISIP UNTAN dengan TBM Rumah Pintar Punggur cerdas dalam meningkatkan literasi bagi anak di Desa Punggur Kecil sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan metode bimbingan belajar, perpustakaan keliling,sosialisasi, perencanaan kegiatan, dan edukasi literasi, kolaborasi ini bertujuan meningkatkan partisipasi pendidikan di kalangan anak-anak. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah semakin meningkatnya semangat literasi bagi anak di Desa Punggur Kecil.
References
Agussalim, A., Imran, M., Handayani, D. N., Katili, A. Y., Bina, U., & Gorontalo, T. (2023). Pemberdayaan ukm dan peningkatan keahlian bidang fotografi di kelurahan leato selatan. 2, 72–79.
Ahsana El-Sulukiyyah, A., Ulum, M. M., Rayungsari, M., & Pusparini, A. (2020). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 133–139. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/6891
Data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk berumur 15 tahun ke atas yang melek huruf berdasarkan kelompok umur dan daerah tempat tinggal di Provinsi Kalimantan Barat, (2023). Di Akses Melalui https://kalbar.bps.go.id/
Holik, A. (2020). Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Sarana Alternatif Layanan Literasi Dasar. Media Nusantara, 17(1), 89–102. https://www.researchgate.net/publication/352678502_Taman_Bacaan_Masyarakat_TBM_Sarana_Alternatif_Layanan_Literasi_Dasar
Jannah, R. I., & Nisa, A. K. (2023). Peranan Rumah Baca dalam Meningkatkan Budaya Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Genteng. Literatify: Trends in Library Developments, 4(1), 12-20.
Kabar TBM (2024), Penggerak Literasi untuk Anak-anak Kubu Raya. Di Akses Melalui https://forumtbm.or.id/penggerak-literasi-untuk-anak-anak-kubu-raya/
Latifah, R. (2022). Writing Movement Dan Fundraising Dengan Strategi Akuisisi Bahan Bacaan Di Rumah Pintar Taman PKK Provinsi Kalimantan Selatan. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 13(1), 15–20. https://doi.org/10.20885/unilib.vol13.iss1.art3
Mardhalena, A., Riwayati, A., Mutmainnah, & Handayani, D. N. (2023). Gerakan Sadar Stunting: Edukasi Publik dalam upaya Pencegahan Stunting guna Mendukung Program Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(8), 2775–2781.Melalui, M., Baca, R., Desa, D. I., & Mumpo, L. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak-Anak Desa Lubuk. 1, 51–60.
Mutia Fonna, Iryana Muhammad, Marhami Marhami, Rohantizani Rohantizani, & Nanda Novita. (2023). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7 Di Rumah Baca Hasan-Savvas Kota Lhokseumawe. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.51
Novera, S. T. L. S. Y. I. H. M. (2024). Implementasi Program KerjaLiterasi Mahasiswa KampusMengajar Di Sdn Gelang 1 Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 819–824.
Pramono, T., Suwarno, S., & Widodo, S. (2020). Strategi Badan Eksekutif Mahasiswa (Bem) Untuk Mencapai Program Kerja Organisasi Di Universitas Kadiri. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 4(1), 30–50. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.818
Rika Istiqomatul Jannah, & Nisa, A. K. (2023). Peranan Rumah Baca dalam Meningkatkan Budaya Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Genteng. Literatify : Trends in Library Developments, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.24252/literatify.v4i1.36410
Rosanti, R., Anggela, R., & Rina, R. (2020). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Media Kontekstual Berbantuan Information Computer Technology (Ict) Bagi Anak Didik Dan Orang Tua. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1523
Setyowidodo, I., Yulianto, D., & Handayani, A. D. (2018). Rumah Pintar Dalam Taman Belajar Masyarakat (Tbm) Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 110. https://doi.org/10.25273/jta.v3i2.2810
Suharti, P., Daesusi, R., Abidin, R., & Asy’ari, A. (2020). PKM Rumah Baca Kreatif Berbasis E-Learning Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Binaan SD Muhammadiyah 09 Bahari Surabaya. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 40–48. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i2.187
Yektyastuti, R., Nuroniah, L., -, F., & Andiani, M. (2021). Rumah Pintar : Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 83. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3585
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bela Puspita Sari, Apriana Apriana, Dwi Nur Handayani, Umilia Umilia, Dwi Wahyu Ningsih, Edi Bowo, Chelssy Mika Morelly, Jenyfer Fitriastuti, Agustine Marcella Debora, Dimas Rahma Pratama, Doretha Lamria Siagian, Fadlan Azzadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.