Pendampingan Proses Belajar Anak Untuk Meningkatkan Minat Belajar di Kampung Salok Lay RT. 09, Balikpapan Timur

Authors

  • Arif Rendi Prasetya Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Nova Fabila Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Syahrul Gunawan Sitanggang Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Hendra Eliakim Lumbantoruan Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Kevin Donny Ariansyah Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Muhammad Rizal Fajar Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Andre Yohanes Taigan Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Rahmania Rahmania Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
  • Meidi Arisalwadi Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45310

Keywords:

Belajar, Anak-Anak, Interaktif, Literasi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar dasar anak-anak di Kampung Salok Lay. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akses pendidikan berkualitas yang menyebabkan sebagian besar anak-anak mengalami kesenjangan kemampuan membaca dan menulis. Program ini dirancang dengan metode pembelajaran interaktif yang menyenangkan, seperti bermain sambil belajar, storytelling, dan latihan menulis, untuk menumbuhkan minat serta motivasi belajar pada anak-anak. Pelaksanaan program melibatkan beberapa tahapan, dimulai dari Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah Identifikasi masalah, pendampingan dan monitoring dan evaluasi. Kegiatan inti meliputi kelas literasi, penyediaan sudut baca sederhana (Taman Baca Mini), serta pelibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran di rumah. Evaluasi dilakukan melalui penilaian kemampuan literasi anak sebelum dan sesudah kegiatan. Dan survey kepada masyarakat terhadap kegiatan yang hasilnya 60 % masyarakat sangat setuju dengan kegiatan ini, 39 % Setuju dan 1 % ragu-ragu. Program ini juga berhasil membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dasar.

References

Arifin, F.N. (2022), “Analisis Aksara Jawa Dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Program Pendampingan Belajar”, Solidaritas: Jurnal Pengabdian, Vol. 1 No. 2, doi: 10.24090/sjp.v1i2.5885.

Arisalwadi, M., Robiandi, F., Putra, A.S., Ginting, J.B., Saputra, M.S., Chairunnisa, R.C., Taringan, B.V., et al. (2022), “Sosialisasi Pemanfaatan Ikan Bandeng Di Kampung Salok Lay Menjadi Olahan Bandeng Presto”, SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 6 No. 4, p. 2101, doi: 10.31764/jpmb.v6i4.11793.

Dwirahayu, G., Satriawati, G., Sobiruddin, D. and Fatra, M. (2023), “Pendampingan Siswa dan Guru MI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Kecamatan Pulosari Kab. Pandeglang-Banten”, Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 7 No. 2, doi: 10.30656/jpmwp.v7i2.5775.

Fatoni, A. (2023), “Optimalisasi Minat Membaca Melalui Program Taman Baca Anak Di Desa Parumasan Kabupaten Pandeglang”, Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No. 6, doi: 10.59395/altifani.v3i6.489.

Faturrahman, A., Mochammad, F., Rafly, S., Kurnia, N. and Hapipah, M. (2021), “Menumbuhkan Minat Baca Terhadap Anak di Daerah Sindangsari Melalui Taman Baca”, Proceedings Uin Sunan Gunung Jati Bandung, Vol. 1 No. 19.

Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P. and Putu Agus Dharma Hita, I. (2023), “Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar”, Communnity Development Journal, Vol. 4 No. 2.

Nafiyah, I., Yulianti, M., Sulistiya, A.E. and Adinugraha, H.H. (2022), “Pendampingan Gerakan Literasi Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Griyo Moco Kecamatan Watukumpul”, Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3 No. 2, pp. 111–117, doi: 10.32764/abdimaspen.v3i2.2627.

Pramusinta, Y. and Dewi, L.P. (2023), “Peran Rumah Inspirasi Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Desa”, I-Com: Indonesian Community Journal, Vol. 3 No. 3, doi: 10.33379/icom.v3i3.3182.

Soleha, I.M., Normaida, N., Fitrina, R., Sabarun, S., Mulyadi, M. and Mahmudi, M.A.A. (2024), “Pendampingan Belajar Membaca dan Menulis bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Kameloh Baru Palangka Raya Kalimantan Tengah”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, Vol. 6 No. 2, p. 85, doi: 10.36722/jpm.v6i2.2605.

Trisnani, N. and Utami, W.T.P. (2022), “MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BACA ANGGOTA TAMAN BACA ABDUROHMAN”, Jurnal Ilmiah Pangabdhi, Vol. 8 No. 1, doi: 10.21107/pangabdhi.v8i1.14002.

Uyun, A.S., Rifa’i, A.B. and Marfuah, L.L.A. (2023), “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Taman Baca Masyarakat”, Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 7 No. 2, doi: 10.15575/tamkin.v7i2.24487.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R. and Mustakim, M. (2020), “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 2, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Prasetya, A. R., Fabila, N., Sitanggang, S. G., Lumbantoruan, H. E., Ariansyah, K. D., Fajar, M. R., … Arisalwadi, M. (2025). Pendampingan Proses Belajar Anak Untuk Meningkatkan Minat Belajar di Kampung Salok Lay RT. 09, Balikpapan Timur. DEDIKASI PKM, 6(1), 28 – 34. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45310