Penerapan Teknologi Produksi dan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Cokelat Sehat Berkelanjutan

Authors

  • Saparila Worokinasih Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati Universitas Brawijaya
  • Hanifa Maulani Ramadhan Universitas Brawijaya
  • Priandhita Sukowidyanti Asmoro Universitas Brawijaya
  • Annisa Wuri Kartika Universitas Brawijaya
  • Inggang Perwangsa Nuralam Universitas Brawijaya
  • Andri Setyowati Nichoa
  • Khofifatunnabilah Khofifatunnabilah Universitas Brawijaya
  • Serefika Raisha Universitas Brawijaya
  • Yoga Cahyo Utomo Universitas Brawijaya
  • Herida Hafni Hasibuan Universitas Brawijaya
  • Riza Putra Achmad Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45328

Keywords:

Cokelat Sehat, Digital Branding, Teknologi

Abstract

Cokelat sehat sebagai makanan fungsional merupakan produk makanan yang tidak hanya mementingkan rasa namun juga manfaatnya bagi kesehatan kesehatan. Produksi cokelat sehat yang dijalankan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi beberapa tantangan dalam daya saing pemasaran khususnya dalam sektor pangan olahan. Teknologi dapat diterapkan untuk implementasi dan konseptualisasi desain dan produksi baru yang berbeda dengan pesaing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk peningkatan produksi dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada produk cokelat sehat di UMKM Nichoa. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan strategi pemasaran, diversifikasi produk dan identitas merek dan branding serta peningkatan produksi dengan intervensi alat produksi baru. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam strategi pemasaran dan branding dengan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan branding produk Nichoa. Sedangkan dalam hal kapasitas produksi didapatkan peningkatan persentase kenaikan produksi cokelat batang sebesar 5% untuk ukuran 80 gram dan 23% untuk ukuran 35 gram dengan penggunaan mesin melanger dan roasting yang baru. Saran dari hasil kegiatan ini adalah perlu Upaya berkelanjutan dalam pengembangan strategi pemasaran sesuai dengan selera konsumen dengan mempertahankan startegi digital marketing.

References

Arfan, J. et al. (2022) ‘Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah’, ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), pp. 212–224. doi: 10.30631/iltizam.v6i2.1452.

Akinnuli, B. O., Bekunmi, O. S. and Osueke, C. O. (2015) ‘Design Concepts towards Cocoa Winnowing Mechanization for Nibs Production in Manufacturing Industries’, 8(1), pp. 35–45. doi: 10.9734/BJAST/2015/16161.

Astuti, S. D., Edi, K. and Nuraeni, I. (2019) ‘Pengembangan Diversifikasi Produk Tiwul Instan untuk Meningkatkan Daya Saing UKM di Kabupaten Wonosobo ( Development of Product Diversification of Instant Tiwul to Increase the Competitiveness of SMEs in Wonosobo District )’, 5(2), pp. 123–134.

Castellari, Elena, Elena Claire Ricci, Stefanella Stranieri, Stéphan Marette, Martina Sarnataro, and Claudio Soregaroli. (2019). "Relationships Between Health and Environmental Information on the Willingness to Pay for Functional Foods: The Case of a New Aloe Vera Based Product" Nutrients 11, no. 11: 2781. https://doi.org/10.3390/nu11112781’.

Granato, D., Zabetakis, I. and Koidis, A. (2023) ‘Sustainability, nutrition, and scientific advances of functional foods under the new EU and global legislation initiatives’, Journal of Functional Foods, 109(April), p. 105793. doi: 10.1016/j.jff.2023.105793.

Kaligis, J. N. et al. (2024) ‘Dedikasi pkm’, 5(3), pp. 554–560. doi: 10.32493/dkp.v5i3.40395.

Karaelakis, C., Panagiotis Zevgitis, Konstantinos Galanopoulos & Konstadinos Mattas (2019): Consumer Trends and Attitudes to Functional Foods, Journal of International Food & Agribusiness Marketing, DOI: 10.1080/08974438.2019.1599760.

Kasza, G. (2022) ‘Health-related nutritional preferences of older adults : A segmentation study for functional food development’, 92(March). doi: 10.1016/j.jff.2022.105065.

Rosmadi, M. L. N. (2020). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Ikraith-Ekonomika, 4(1), 122-127. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1064.

Najib, M. F. et al. (2022) ‘Inovasi Desain Kemasan ( Packaging ) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM’, 6(1), pp. 56–64.

Praseptiangga, D. et al. (2018) ‘Kajian Tingkat Penerimaan Panelis pada Dark Chocolate Bar dengan Penambahan Bubuk Kayu Manis ( Cinnamomum burmannii )’, 2570(1), pp. 78–88.

Rocha, M., Oz, F. and Karav, S. (2024) ‘Review Functional chocolate : exploring advances in production and health benefits’, pp. 5303–5325. doi: 10.1111/ijfs.17312.

Singh, P. K., Khedkar, R. D. and Chandra, S. (2024) ‘Chocolate : An overview of the functional potential and recent trends in fortification’, pp. 1–17.

Sukma, A., Hermina, N., & Novan, D. (2020). Pengaruh Produk, Distribusi Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk Umkm Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 3(2), 91–102. https://doi.org/10.56244/manners.v3i2.355.

Wang, Edward Shih-Tse, and Yun-Hsuan Chu. (2021). "How Social Norms Affect Consumer Intention to Purchase Certified Functional Foods: The Mediating Role of Perceived Effectiveness and Attitude" Foods 10, no. 6: 1151. https://doi.org/10.3390/foods10061151.

Zulfiandri. (2018). Strategi Percepatan Pengembangan Industri Pengolahan Kakao Dan Industri Coklat Di Indonesia. Jurnal Inovisi Volume 14 Nomor 1, April. 43-55.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Worokinasih, S., Ratnawati, D. E., Ramadhan, H. M., Asmoro, P. S., Kartika, A. W., Nuralam, I. P., … Achmad, R. P. (2025). Penerapan Teknologi Produksi dan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Cokelat Sehat Berkelanjutan . DEDIKASI PKM, 6(1), 53 – 61. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45328