Transformasi Digital Pada Usaha Mikro : Pelatihan Penerapan Digital Marketing Untuk Peningkatan Omzet Pada UMKM Di Kecamatan Sario, Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.45686Keywords:
Transformasi Digital, UMKM, Google My BusinessAbstract
Transformasi digital merupakan kebutuhan mendesak bagi usaha mikro untuk bertahan dan berkembang di era digital. Namun, banyak pelaku usaha mikro di Kecamatan Sario, Kota Manado, menghadapi keterbatasan pengetahuan dan keterampilan terkait pemasaran digital. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku usaha mikro dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya melalui penerapan pemasaran digital menggunakan Google My Business. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi pemasaran digital untuk memberikan pemahaman dasar, diikuti dengan pelatihan praktis pembuatan dan pengelolaan akun Google My Business. Kegiatan ini melibatkan peserta dari kalangan pelaku usaha mikro di Kecamatan Sario yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sario pada tanggal 30 September 2024. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat pemahaman peserta, di mana lebih dari 90% peserta berhasil membuat dan mengelola akun Google My Business secara mandiri. dari kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan peserta dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. Implikasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa transformasi digital melalui pelatihan intensif dapat menjadi solusi efektif bagi usaha mikro dalam menghadapi tantangan era digital.
References
Afiyanti, Y. (2022) ‘(FGD) Sebagai Metode Pengumulan Data Penelitian’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), pp. 58–62.
Andono, F.A. and Girindratama, M.W. (2023) ‘Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Melalui Platform Sosial Media Dan Marketplace Bagi Umkm Kerajinan Aksesoris’, RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 178–186. Available at: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2359.
Atina, V.Z. et al. (2022) ‘Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Omset’, Abdi Masya, 1(4), pp. 164–171. Available at: https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.161.
Chusniyah, I. and Fauza, N. (2022) ‘Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat’, Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 138–149. Available at: https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582.
Putri, D.F. (2023) ‘Pelatihan Digital Marketing dengan Mengenalkan Google My Business Kepada Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto’, Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), pp. 375–382. Available at: https://doi.org/10.54082/jippm.88.
Rahayu, S., Kanisya, N.P. and ... (2023) ‘Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Google My Business Pada Umkm Gondanglegi Kabupaten Malang’, Jurnal Abdimas …, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jasj/article/view/254.
Sunarsi, D. et al. (2019) ‘Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas’, BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), pp. 188–193. Available at: https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1720.
Urmila Dewi, M.H. et al. (2018) ‘Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), p. 19. Available at: https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.234.
Widyawati, N. et al. (2022) ‘Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Melalui Pelatihan Digitalisasi Marketing Sebagai Peningkatan Omset UMKM’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), pp. 701–705. Available at: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/432.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irvandi Ombuh, Patricia Mawitjere, Syaloomitha Rattu, Leony Oktaviana, Meylan Mamonto, Cindy Pombaile
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.