Pengembangan Keterampilan Generik (Public Speaking) Pada Generasi Alpha
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.46004Keywords:
Generasi Alpha, Public Speaking, Keterampilan Komunikasi, Pengembangan DiriAbstract
Generasi Alpha tumbuh di era digital dengan akses teknologi yang luas, serta memiliki tantangan dan peluang unik dalam mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Tujuan dari kegiatan pengembangan keterampilan ini adalah untuk membangun rasa percaya diri, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan komunikasi yang baik yang akan membantu di masa depan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi partisipan dan wawancara dengan guru Tamang Pengajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini membantu anak-anak meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berbicara di depan umum. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan public speaking generasi alpha sejak dini.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Creswell, John W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelajar.
Fuaody, C. N., Anggraeni, I., Maulidia, L., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Pengaruh Digital Terhadap Komunikasi Sosial Anak dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Basicedu, 8(1), 327-337.
Fuji Pratami. (2023). Penyuluhan Kedudukan Generasi Alpha di SDN 100110 Desa Batu Nanggar melalui metode Participation Action Research. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 33-37.
Gallagher, James (February 15, 2020). "Fertility rate: 'Jaw-dropping' global crash in children being born". BBC. Diakses tanggal 12 October 2023.
Harahap, R. (2022). Metode Sosiodrama dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa Lisan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 25-36.
Inten, A. (2023). Pentingnya Metode Bermain Peran untuk Pengembangan Keterampilan Komunikasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 11(2), 44-58
Lavelle, Daniel (January 4, 2019). "Move over, millennials and Gen Z – here comes Generation Alpha". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-08. Diakses tanggal July 8, 2019.
Maulida, U. (2022). Pergeseran makna kata pada komunikasi generasi Alpha sebagai kontestasi identitas. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 38-48. ISSN Cetak 2301-5411, ISSN Online 2579-7957.
Nukman, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2024). Dampak era digital terhadap perkembangan bahasa anak usia dini: Literature review. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 284-289.
Perano, Ursula (August 8, 2019). "Meet Generation Alpha, the 9-year-olds shaping our future". Axios. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-08. Diakses tanggal September 6, 2019
Rahayu, Puji. (2019). Pengaruh Era Digital terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin, 2(1), 47-59. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhotul Ulama (STAINU) Kotabumi Lampung.
Shaw Brown, Genevieve (February 17, 2020). "After Gen Z, meet Gen Alpha. What to know about the generation born 2013 to today". Family. ABC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-17. Diakses tanggal February17,2020.
Subagio, I. K. A., & Limbong, A. M. N. (2023). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Aktivitas Pendidikan. *Journal of Learning and Technology*, 2(1), 43-52.
Yandi, H., & Siregar, A. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Buhtus Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 128-140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chiqa Fadzilla Qetisya, Adelia Putri Hataki, Siti Faradila Ayu Pratiwi, Putri Agustina Dapi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.