Pengenalan Konsep Kewirausahaan Islami di Kalangan Santri: Pendekatan berbasis Nilai-Nilai Syariah

Authors

  • Chandrawasi Chandrawasi IAINU Sumatera Selatan
  • Tika Tri Putri IAINU Sumatera Selatan
  • Lidia Oktavia IAINU Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.46483

Keywords:

Kewirausahaan, Pendidikan, Pondok Pesantren

Abstract

Kewirausahaan Islami berperan penting dalam pengembangan jiwa kewirausahaan berbasis nilai-nilai Al-Qur'an, terutama di kalangan santri pondok pesantren. Pendekatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bisnis, tetapi juga membentuk karakter yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan integritas. Artikel ini mengkaji pentingnya integrasi nilai-nilai syariah dalam kewirausahaan, strategi pemasaran berbasis syariah, dan pemanfaatan platform digital untuk mengembangkan usaha. Berbagai tantangan internal dan eksternal yang dihadapi dalam implementasi kewirausahaan Islami juga dibahas, diikuti dengan solusi strategis yang meliputi pelatihan, penguatan jaringan wirausaha Muslim, dan reformasi regulasi ekonomi berbasis syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren memiliki potensi besar untuk melahirkan wirausahawan Muslim yang mandiri dan beretika, dengan dukungan sistem pendidikan yang integratif dan berbasis nilai-nilai Al-Qur'an.

References

Azizah, A., & Khatimah, S. . (2020). Pembinaan Karekter Muslimah melalui Kajian Tafsir bagu Ummahat di Lingkungan Sekitar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta. Abdi Psikonomi, 120–126.

Fahmi, A., Gunawan, I. M. ., & Purmadi, A. (2023). Penyuluhan Kepemimpinan Islam di Pondok Pesantren. Jurnal Dedikasi Madani, 1(2), 51–60.

Fithriah, N. (2018). Kepemimpinan Pendidikan Pesantren (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern dan Kombinasi). Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13–30.

Mulyana, R. A. (2013). Pengaruh Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku, Dan Sikap Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyana, R. A. (2018). Kajian Model Empiris Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Garut. Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 354–365. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/agregat_vol2/is2pp354-365

Razali, S. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1–13.

Somad, A., Rosadi, K. ., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Model Sistem Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Kontruksi Kesisteman, Berpikir Kesisteman. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 200–210.

Supriadi, S. (2020). Pengembanan Potensi Peserta Didik dalam Lembaga Pendidikan Islam; Studi Manajemen Pondok Pesantren. Babsun Ilmy:Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 33–40.

Tabrani, Z. . (2013). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Serambi Tarbawi, 1(2).

Usman, I. . (2013). Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam. Jurnal Al-Hikmah, 14(1), 101–119.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Chandrawasi, C., Putri, T. T., & Oktavia, L. (2025). Pengenalan Konsep Kewirausahaan Islami di Kalangan Santri: Pendekatan berbasis Nilai-Nilai Syariah. DEDIKASI PKM, 6(1), 161 – 167. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.46483