Peran Penting Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Terhadap Produk Umkm di PT Danis Emran Gemilang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.46984Keywords:
UMKM, Kemasan, LegalitasAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di PT Danis Emran Gemilang yang bergerak dibidang food and beverage. Kegiatan PKM dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) agar permasalahan mengenai pendaftaran hak cipta sebagai jaminan perlindungan hukum serta sebagai bentuk edukasi mengenai perlindungan terhadap hasil karya dan peningkatan pemahaman hukum khususnya di bidang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim PKM dan PT Danis Emran Gemilang. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi pelaku UMKM sebelum dan sesudah pelaksanaan program dengan metode wawancara dan observasi. Hasil Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan wawasan tambahan bagi peserta mengenai pentingnya perijinan dan merk dalam melindungi produk yang dihasilkan dari produk pesaing yang sejenis, sekaligus terlindungi dalam aspek hukum dan legalitas.
References
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications
Dongoran, F.R., Nisa, Khairul., Sihombing, Marni., Purba, L.D. (2016). Analisis Jumlah Pengangguran Dan Ketenagakerjaan Terhadap Keberadaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Medan. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2 September 2016.
Fahrurrozi, Muh. Dr (2023), Entrepreneurship dan Digitalisasi: Mengembangkan Bisnis di Era 5.0, Universitas Hamzanwadi Press, Lombok
Hidayat, Arif (2021), Studi Kelayakan Bisnis, CV Insan Cendikia Mandiri, Sumatera Barat
Hidayat. Strategi pengembangan USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI. 2023
Kurniawan, A. (2020). Perlindungan Hukum terhadap UMKM dalam Perspektif Hak Kekayaan Intelektual. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Neuman, W. L. (2018). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education
Putra, B. (2022). Strategi Penguatan Daya Saing UMKM melalui HAKI. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Rachmawati, Sicilia Sawitri. Implementasi Strategi Branding Usaha Batik Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada Umkm Batik Pekalongan Jawa Tengah. 2015
Rahmawati, D. (2021). Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung UMKM Melalui Hak Kekayaan Intelektual. Bandung: CV Mandiri.
Suryana, I. (2021). Hak Kekayaan Intelektual dan Implikasinya bagi UMKM di Indonesia. Surabaya: Graha Ilmu.
Susanto, R. (2020). Tantangan dan Peluang dalam Implementasi HAKI bagi UMKM. Malang: Pena Nusantara.
Wheeler, Designing Brand Identity: an Essential Guide for the Entire Branding Team, 2009
Wibowo, T. (2019). Peranan HAKI dalam Meningkatkan Nilai Ekonomi Produk UMKM. Semarang: Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nani Mulyani, Erick Agustinus, Budi Tri Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.