Inovasi Pengembangan Produk dan Kemasan Dodol Jajanan Khas Desa Penglatan, Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47008Keywords:
Numbas Dodol, Dodol Sumping, Varian, KemasanAbstract
Produk dodol dari Desa Penglatan, Buleleng, adalah warisan kuliner tradisional dengan cita rasa khas dan potensi pengembangan. Startup Numbas Dodol menerima pendanaan hibah P2MW sebesar Rp. 13.700.000 dari Inkubator Bisnis Primakara. Awalnya, produk kami hanya diminati konsumen yang merayakan hari raya Hindu, dijual secara konvensional, dan kurang diminati konsumen muda karena bentuknya yang kurang praktis serta pemasaran terbatas. Numbas Dodol melakukan inovasi pengembangan produk dan kemasan untuk menarik minat konsumen muda dan pasar lebih luas. Kami menggunakan metode OKR (Objectives and Key Results) untuk memastikan keberhasilan, dengan Objectives: Pengembangan kemasan dan varian dodol sumping, dan 3 Key Results: 1. Pembuatan kemasan menarik dan terjangkau, 2. Uji organoleptik terhadap 20 orang dengan kepuasan minimal 85%, 3. Percobaan penjualan ke 40 orang dengan target 10 terjual. Hasilnya, terciptalah varian dodol sumping dan kemasan menarik, berhasil menarik konsumen muda usia 18-28 melalui media sosial, mendapatkan kepuasan di atas 85% dari 20 orang uji organoleptik, dan berhasil menjual 10 produk dari 40 orang yang diuji coba.
References
Fitria Febrianti, F., Juliana Eka Putra, I.G. and Lanang Agung Raditya Putra, I.G. (2018) ‘Penerapan Model Green SCOR untuk Pengukuran Kinerja Green Supply Chain Management pada PT. XYZ’, JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3, pp. 39–43.
Khoerunisa, T.K. (2020) ‘Review : Pengembangan Produk Pangan Fungsional Di Indonesia Berbasis Bahan Pangan Lokal Unggulan A Review : Development of Functional Food Products in Indonesia based on Local Ingredients’, Indonesian Journal of Agricultural and Food Research, 2(1), pp. 49–59. Available at: https://journal.uniga.ac.id/index.php/IJAFOR.
Leksono, B.B. and Putra, R. (2022) ‘Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), pp. 235–242. Available at: https://doi.org/10.54082/jamsi.224.
Putu Teja Artadi, I. and Gede Juliana Eka Putra, I. (2022) ‘Pengembangan Startup Sunar Farm Dengan Metode Design Sprint’, JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 5, pp. 148–156. Available at: www.dictio.id.
Wayan Yudha Pratama, I. et al. (2022) ‘Pengembangan Startup Inmotioon Dengan Menggunakan Metode Javelin Board Dan Lean Startup’, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 16(2).
Nusabali.com, 2022. Desa Penglatan Ditetapkan Jadi Sentra Dodol. [online] Available at: https://www.nusabali.com/berita/125021/desa-penglatan-ditetapkan-jadi-sentra-dodol [Accessed 4 January 2025].
Saputra, H.D., 2019. Dodol Penglatan Tembus Pasar Oleh-Oleh Bali. [online] Available at: https://baliexpress.jawapos.com/bisnis/671141784/dodol-penglatan-tembus-pasar-oleholeh-bali [Accessed 4 January 2025].
Sumardana, N.H. and Alam, S., 2023. Penerapan Metode Objective and Key Results pada Startup Keenansupercar Platform Jasa Penyewaan Mobil Mewah di Bali. JINTEKS, 5(4). Available at: [Accessed 4 January 2025].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Gede Karma Santiyasa, I Gede Juliana Eka Putra, I Made Artana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.