Azhari, Ainul Pendampingan Pemahaman Pendidikan Anak Aqil Baligh Berdasarkan Hadis Nabi Saw Bagi Generasi Muslim Milenial Pada Karang Taruna RW 007 Desa Sukamantri
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47066Keywords:
Aqil Baligh, Milenial, HadisAbstract
Pemahaman tentang pendidikan anak aqil baligh merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk karakter generasi muda yang baik, khususnya dalam konteks ajaran Islam. Dalam era digital dan globalisasi yang serba cepat, tantangan dalam mendidik generasi milenial Muslim semakin kompleks, terutama dalam memahami dan mengaplikasikan konsep pendidikan yang sesuai dengan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengaktualisasikan pemahaman tentang pendidikan anak aqil baligh berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW pada generasi milenial Muslim. Pendekatan yang digunakan adalah pemahaman literasi hadis yang relevan dengan masa aqil baligh, serta bagaimana implementasi prinsip-prinsip tersebut dalam konteks kehidupan sehari-hari generasi milenial saat ini. Melalui penyuluhan, diskusi, dan pelatihan, program pengabdian masyarakat ini mengedukasi para orang tua, pendidik, dan masyarakat umum tentang pentingnya pendidikan yang berbasis hadis dalam mempersiapkan anak memasuki usia dewasa dengan bekal moral, etika, dan keimanan yang kokoh. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dalam pendidikan anak aqil baligh, serta terciptanya generasi milenial Muslim yang lebih berkualitas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman.
References
Afandi, A. dkk (2022) Metodologi Pengabdian Masyarakat, Вестник Росздравнадзора. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Amalia, N. (2021) ‘Konsep Baligh Dalam Alquran Dan Implikasinya Pada Penentuan Usia Nikah Menurut Uu Perkawinan’, Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 8(1), pp. 77–86. Available at: https://doi.org/10.24252/al-qadau.v8i1.17317.
BBC News Indonesia (2024) ‘Kekerasan Seksual Jadi Tontonan Pelajar di Ruang Kelas SD di Demak – “Mereka Hanya Mencontoh Orang Dewasa”’, p. 1. Available at: https://www.bbc.com/indonesia/articles/c781zlde4v4o.
Hanbal, A. bin (2001) Musnad Imam Ahmad. Beirut: Muassasah Al-Risalah.
Mukhlas, M. (2008) ‘Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja’, At-Ta’dib, 3(1), pp. 19–40. Available at: https://doi.org/10.21111/at-tadib.v3i1.491.
Ramdani, I., Fathurohman, A.A. and Setiawan, R.M. (2022) ‘Manajemen Pesantren Dalam Penerapan Pendidikan Masa Aqil Balig Bagi Santri Mukim’, Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(1), pp. 1–15. Available at: https://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen.
Santosa, H. (2018) Fitrah Based Education. Bekasi: Yayasan Cahaya Mutiara Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainul Azhari, Dul Jalil, Risalatu Zakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.