Inovasi Pengembangan Produk Numbas Dodol dengan Metode Design Thinking

Authors

  • Anak Agung Istri Winda Premaswari Universitas Primakara
  • I Made Artana Universitas Primakara
  • I Gede Jualiana Eka Putra Universitas Primakara
  • Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa Universitas Primakara

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47162

Keywords:

Inovasi Produk, Numbas Dodol, Design Thinking

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin kompetitif menuntut pelaku usaha untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang relevan dengan kebutuhan pasar. Numbas Dodol, sebuah startup berbasis produk lokal dari Desa Penglatan, menghadapi tantangan berupa minimnya inovasi produk, daya tarik kemasan yang kurang menarik, serta varian rasa yang terbatas. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya angka penjualan, sehingga diperlukan solusi strategis untuk meningkatkan daya saing di pasar modern. Dalam menjawab tantangan tersebut, proyek ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Serta dengan melibatkan 20 orang responden pada tahap emphatize dan test. Inovasi yang dihasilkan meliputi produk baru seperti Mochi Dodol, Pia Dodol, varian rasa Dodol Nangka, serta pengembangan kemasan modern berupa standing pouch dan plastik seal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa inovasi produk dan kemasan berhasil meningkatkan daya tarik visual, kenyamanan konsumen, dan potensi perluasan pasar. Pia Dodol dan Dodol Rasa Nangka mendapatkan respons positif dari konsumen, sementara penggunaan kemasan modern mampu meningkatkan daya saing produk. Proyek ini membuktikan bahwa metode Design Thinking efektif dalam mengintegrasikan nilai tradisional dan modern, sehingga mampu menciptakan produk inovatif yang berdaya saing di pasar lokal maupun global.

References

Adrian Aldi, Y., Wijaya, S. And Davala Afrizal, J. (2022) ‘Literature Review Determinasi Target Pasar: Analisis Produk, Usia Dan Jenis Kelamin’, Jurnal Ilmu Multidisiplin (Jim), 1(1). Available At: Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V1i1.

Buana Ayu, T. And Wijaya, N. (2023) ‘Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android’, Mdp Student Conference [Preprint]. Available At: Https://Www.Payoprint.Id/.

Fiqih Erinsyah, M. Et Al. (2024) ‘Sistem Evaluasi Pada Aplikasi Akademik Menggunakan Metode Skala Likert Dan Algoritma Naïve Bayes’, Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(1), Pp. 74–82.

Jurnal, H., Mahmud, H. And Komara, B.D. (2022) ‘Inovasi Bisnis “Romlah Snack” Oleh Pekerja Migran Indonesia Di Taiwan Berbasis Design Thinking Dan Business Model Canvas Pada Masa Covid-19’, Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(3).

Noveandini, R. And Wulandari, M.S. (2022) ‘Implementasi Model Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi E-Learning Praktikum Biologi Di Sma’, Unira Malang |, 06(1). Available At: Www.Nngroup.Com/Articles/Design-.

Putri, P.L. And Widadi, B. (2024) ‘Peran Inovasi Dalam Pengembangan Model Bisnis Umkm Di Era Digital’, Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(4), Pp. 180–189. Available At: Https://Doi.Org/10.61132/Maeswara.V2i4.1113.

Putu, I. Et Al. (2020) ‘Penerapan Metode Design Thinking Dalam Implementasi User Interface Berbasis Website Studi Kasus Jro Sandat Property’, Jtksi (Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi), 7, Pp. 73–86.

Simamora, B. (2022) ‘Skala Likert, Bias Penggunaan Dan Jalan Keluarnya’, Jurnal Manajemen, 12(1), Pp. 84–93. Available At: Https://Doi.Org/10.46806/Jman.V12i1.978.

Soegihono, L.F. And Yuniawan, A. (2023) ‘Pengaruh Inovasi Terhadap Performa Usaha Melalui Keunggulan Bersaing Pada Umkm Syariah Di Kota Semarang’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), P. 4762. Available At: Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V9i3.11411.

Suwandi, E. Et Al. (2019) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy Yang Bermigrasi Ke Indihome’. Available At: Www.Melon.Co.Id.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Premaswari, A. A. I. W., Artana, I. M., Putra, I. G. J. E., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2025). Inovasi Pengembangan Produk Numbas Dodol dengan Metode Design Thinking. DEDIKASI PKM, 6(1), 247 – 257. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47162