Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Metode Objective And Key Result untuk Meningkatkan Penjualan Numbas Dodol

Authors

  • Ika Nourma Yunita Universitas Primakara
  • I Made Artana Universitas Primakara
  • I Gede Juliana Eka Putra Universitas Primakara

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47163

Keywords:

Strategi Digital Marketing, OKR, Numbas Dodol, Peningkatan Followers, Kemitraan, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi digital marketing berbasis metode OKR (Objective and Key results) pada usaha Numbas Dodol. Usaha ini menghadapi permasalahan yaitu penjualan mengalami stagnasi. Situasi ini menghambat pertumbuhan usaha, baik dari sisi omset maupun pangsa pasar. Mengatasi kendala tersebut, dibutuhkan pendekatan pemasaran digital yang terstruktur guna meningkatkan daya saing dan visibilitas produk di pasar digital.
Strategi yang diterapkan melibatkan pemanfaatan berbagai platform digital, seperti Whatsapp Business, Instagram, dan Facebook Marketplace, untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, dilakukan kolaborasi dengan influencer dan media partner untuk memperkuat brand awareness. Upaya ini diarahkan pada pencapaian tiga Key results utama, yaitu peningkatan omset, perluasan kemitraan dengan toko jajanan, dan peningkatan jumlah pengikut Instagram. Strategi pemasaran juga dilengkapi dengan pembuatan konten kreatif di media sosial serta pendekatan personal kepada mitra untuk memperluas jaringan toko.
Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan yang bervariasi pada setiap Key result. Target peningkatan pendapatan hanya tercapai sebesar 45,4%, sementara perluasan kemitraan dengan toko jajanan mencapai 65% dari target. Di sisi lain, Key result peningkatan jumlah pengikut Instagram berhasil melampaui target dengan realisasi 103,7%. Beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti optimalisasi iklan untuk mendapatkan biaya per klik yang lebih murah tetapi tetap efektif dalam menjangkau audiens yang relevan.

 

References

F S Putra, F.I. Et Al. (2022) ‘Tuwo: Model Sustainability Digital Marketing Sebagai Jalan Pintas Umkm Bersaing Di Era Society 5.0’, Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ama Salatiga [Preprint].

García-Salirrosas, E.E. Et Al. (2022) ‘Purchase Intention And Satisfaction Of Online Shop Users In Developing Countries During The Covid-19 Pandemic’, Sustainability (Switzerland), 14(10). Available At: Https://Doi.Org/10.3390/Su14106302.

M, А. (2023) ‘Вплив Трансформації Споживчої Поведінки На Діяльність Фірми В Епоху Інформатизації’, Затверджено Вченою Радою Чдту [Preprint].

Nugraha Harisma Sumardana, A. And Syah Alam, H. (2023) Penerapan Metode Objective And Key Results Pada Startup Keenansupercar Platform Jasa Penyewaan Mobil Mewah Di Bali, Jinteks. Available At: Www.Keenansupercar.Com.

Piranda, D.R., Zulfianti Sinaga, D. And Putri, E.E. (2022) Online Marketing Strategy In Facebook Marketplace As A Digital Marketing Tool, Social Sciences And Business (Jhssb). Available At: Https://Ojs.Transpublika.Com/Index.Php/Jhssb/.

Thaha, A.R. Et Al. (2021) ‘Digital Marketing And Smes: A Systematic Mapping Study’, Library Philosophy And Practice (E-Journal). [Preprint]. Available At: Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.13285382.

Thoriq Yunandra, M. And Haryono, K. (2023) ‘Sistem Monitoring Implementasi Okr Pada Tim Scrum Menggunakan Metode Prototyping’. Available At: Journal.Uii.Ac.Id (Accessed: 7 January 2025).

Yoga Prasetya, A. And Rizka Fadhila, Z. (2021) ‘Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Desa Boja’, Jurnal Budimas, 03(01), P. 2021. Available At: Www.Cnnindonesia.Com.

Ifadhila, M.D. (2024) Pemasaran Digital Di Era Society 5.0. Jambi: Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Iskandar, S.M.A. (2023) Strategic Management Using Okr: A New And Powerful Management System Tool. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Yunita, I. N., Artana, I. M., & Putra, I. G. J. E. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Metode Objective And Key Result untuk Meningkatkan Penjualan Numbas Dodol . DEDIKASI PKM, 6(1), 237 – 246. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47163