Pengunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Startup Kerta Sari Utama Trasport

Authors

  • Ni Kadek Rhisma Yudiyana Pratiwi Universitas Primakara
  • I Made Artana Universitas Primakara
  • I Gede Juliana Eka Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47164

Keywords:

Digital Marketing, Startup, Kerta Sari Utama Transport, Objective and Key Results (OKR), Pendapatan, Brand Awareness

Abstract

Perkembangan teknologi digital memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk strategi pemasaran yang diterapkan oleh Startup. Startup merupakan perusahaan yang baru berkembang, sangat bergantung pada inovasi untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Seperti Kerta Sari Utama Transport, sebuah Startup yang bergerak di bidang jasa transportasi di Bali. Startup ini menghadapi tantangan berupa rendahnya pendapatan, minimnya kunjungan akun media sosial, serta terbatasnya kerja sama dengan mitra bisnis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Objective and Key Results (OKR) sebagai kerangka kerja untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi digital marketing yang terintegrasi. Strategi yang diterapkan meliputi optimalisasi media sosial, seperti Instagram, melalui konten yang konsisten dan penggunaan iklan digital (Google Ads dan Instagram Ads). Selain itu, dilakukan pendekatan Business-to-Business (B2B) untuk menjalin kerja sama dengan mitra potensial, seperti hotel dan agen perjalanan. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu enam minggu dengan fokus pada tiga indikator utama yang menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital marketing mampu meningkatkan pendapatan sebesar 50% dibandingkan bulan sebelumnya, dengan target mingguan dan harian yang tercapai secara konsisten. Jangkauan media sosial mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai 792 akun dengan keterlibatan konten yang semakin baik. Selain itu, berhasil dijalin 10 mitra baru, yang berkontribusi positif terhadap pertumbuhan bisnis.

References

Brestilliani, L. (2020) ‘PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Stiesia)’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(2), pp. 1–19.

Dyanti, D.M. and Widiale, V.P. (2024) ‘Manfaat Penggunaan Iklan pada Media Sosial dan Google oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), pp. 1889–1892. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.2087.

Elita Tarihoran, J. et al. (2021) ‘PENTINGNYA SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING START-UP DI INDONESIA’, KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), pp. 72–78. Available at: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif.

Meikal, R., Made Artana, I. and Istri Ita Paramitha, A.A. (2024) ‘Implementasi Framework Objective and Key Result pada Startup TimbangIN’, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13(1), pp. 82–94.

Nugraha Harisma Sumardana, A., Syah Alam, H. and Tiawan (2023) ‘PENERAPAN METODE OBJECTIVE AND KEY RESULTS PADA STARTUP KEENANSUPERCAR PLATFORM JASA

Brestilliani, L. (2020) ‘PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Stiesia)’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(2), pp. 1–19.

Dyanti, D.M. and Widiale, V.P. (2024) ‘Manfaat Penggunaan Iklan pada Media Sosial dan Google oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)’, Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), pp. 1889–1892. Available at: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.2087.

Elita Tarihoran, J. et al. (2021) ‘PENTINGNYA SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING START-UP DI INDONESIA’, KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), pp. 72–78. Available at: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif.

Meikal, R., Made Artana, I. and Istri Ita Paramitha, A.A. (2024) ‘Implementasi Framework Objective and Key Result pada Startup TimbangIN’, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13(1), pp. 82–94.

Nugraha Harisma Sumardana, A., Syah Alam, H. and Tiawan (2023) ‘PENERAPAN METODE OBJECTIVE AND KEY RESULTS PADA STARTUP KEENANSUPERCAR PLATFORM JASA PENYEWAAN MOBIL MEWAH DI BALI’, JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), 5(4), pp. 626–634. Available at: www.keenansupercar.com.

Resti Rahmadanti, A. et al. (2021) ‘Efektivitas Strategi Iklan dengan Menggunakan Instagram Ads untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Produk: Studi Kasus Privet.id’, JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 10(1), pp. 112–117.

Sahi, A. (2021) ‘PEMANFAATAN INSTAGRAM ADS UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DI LINGKUNGAN LP3I’, Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(2), pp. 318–328.

Wahyu Setyawan, D. et al. (2023) ‘Optimasi Digital Marketing: Tinjauan Kritis Atas Strategi Penjualan Pompa Air’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 4(2), pp. 293–300.

Yansahrita, Fauzi and Irviani, R. (2023) ‘Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur’, eCo-Buss, 6(1), pp. 410–417.

Zulkarnain Hasibuan, A. et al. (2024) ‘Strategi Iklan Google Ads yang Efektif untuk Meningkatkan Omset UMKM’, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), pp. 54–58.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Pratiwi, N. K. R. Y., Artana, I. M., & Putra, I. G. J. E. (2025). Pengunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Startup Kerta Sari Utama Trasport. DEDIKASI PKM, 6(1), 227 – 236. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47164