Perancangan Business Model Canvas dan User Interface (Ui) Website Rental Mobil Travel Untuk Optimalisasi Pemesanan pada Start-Up Kerta Sari Utama Transport
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.47165Keywords:
Business Model Canvas, User Interface, Design ThinkingAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk merancang Business Model dan User interface (UI) Website pada Kerta Sari Utama Transport, sebuah start-up yang bergerak di bidang penyewaan mobil dan minibus di Bali. Melalui program ini, diupayakan optimalisasi proses pemesanan kendaraan dengan memanfaatkan platform digital yang dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jaringan mitra strategis, serta mendorong peningkatan omzet perusahaan. Kegiatan pengabdian dilakukan menggunakan pendekatan Design Thinking, yang meliputi tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Output dari program pengabdian ini berupa rancangan Business model canvas (BMC) yang mencakup segmentasi pelanggan, nilai proposisi, aliran pendapatan, serta strategi kemitraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, prototype UI Website yang dikembangkan dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, mempermudah navigasi, dan mempercepat proses pemesanan kendaraan. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, diharapkan Kerta Sari Utama Transport dapat lebih kompetitif di pasar serta meraih pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
References
Luwihono, A., Bahtiar, Peranginangin, A. F., & Makanuay, A. (n.d.). Peningkatan Moda Transportasi Indonesia Era Digital Berbasiskan Sistem Cerdas. ATDS SAINTECH-Journal of Engineering.
Sinaga, A. A., Wahjudi, K. S., & Noegroho, N. S. (2022, September 9). Manfaat Penerapan Digitalisasi dalam Bisnis. Binus University.
Tampubolon, F. R., & Husrizal Syah, D. (2024). Analisis Peran Desain User interface Aplikasi Mobile Maxim Menggunakan Metode A/B Testing. Simkom, 9(2), 172–183. doi: 10.51717/simkom.v9i2.441
Telaumbanua, M. (2019, February 24). 5 Tahap Design thinkingmenurut Stanford (d.school). MEDIUM.
Yuliani, N., Tunafiah, H., Andriani, J., Sampurnaningsih, R., & Erawati, D. (n.d.). Analisis Penerapan Strategi Business model canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Yulius, R., Nasrullah, M. F. A., Sari, D. K., & Alban, M. A. (2022). Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Luh Yuni Mertha Ardani, I Gede Juliana Eka Putra, I Made Artana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.