Pelatihan Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan Untuk Guru MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs di Kabupaten Temanggung

Authors

  • Yustinus Calvin Gai Mali Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.47270

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Teknologi, Pengajaran Bahasa Inggris, Guru Bahasa Inggris

Abstract

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) secara bertahap telah menjadi bagian integral dari pendidikan di seluruh dunia, mengingat potensinya untuk mendukung praktik pengajaran dan pembelajaran melalui beragam cara. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membekali para guru bahasa Inggris dengan pengetahuan teoritis tentang AI (yaitu definisi dan potensinya), dan melatih mereka untuk menggunakan beragam teknologi AI untuk mendukung praktik mengajar mereka. PkM ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan tatap muka untuk 130 guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia. Pelatihan diadakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2024 dari pukul 11.00-14.00 di SMP Negeri 2 Temanggung. Dalam PkM tersebut, penulis menjadi salah satu pembicara utamanya. Penulis memperkenalkan dan mendemonstrasikan penggunaan teknologi AI yaitu ChatGPT, Diffit, dan Readlang dan teknologi pendukung lainnya, seperti Aiforeducation.io/prompt-library, DeepL, dan Famous People Lessons, yang dapat digunakan oleh para guru untuk mendukung praktik pengajaran bahasa Inggris di kelas mereka. Dalam sesi pelatihan, peserta PkM juga berkesempatan untuk mencoba teknologi AI tersebut dibawah tuntunan dari penulis. Secara keseluruhan, PkM berjalan dengan baik sesuai rencana, dan semua peserta pelatihan memberikan tanggapan positif terhadap sesi yang telah mereka ikuti. Rekomendasi untuk menindaklanjuti sesi PkM juga disampaikan oleh penulis.

References

Alqasham, F.H. (2023) ‘ChatGPT in the Saudi EFL classroom: A study of learner usage patterns and possibilities in learning optimization’, Migration Letters, 20(S7), pp. 1251–1263. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59670/ml.v20iS7.4828.

Koraishi, O. (2023) ‘Teaching English in the age of AI: Embracing ChatGPT to optimize EFL materials and assessment’, Language Education & Technology Journal, 3(1), pp. 55–72. Available at: https://langedutech.com/letjournal/index.php/let/article/view/48.

Kritandani, W. et al. (2024) ‘SciSpace for finding relevant literature in English language education contexts : A technology review’, Indonesian Journal of English Language Studies, 10(2), pp. 108–117. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24071/ijels.v10i2.9146.

Lokollo, N.C.E. and Mali, Y.C.G. (2024) ‘Speak more, students! Harnessing technology for active students’ engagement in EFL English-speaking classes’, OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), pp. 36–53. Available at: https://doi.org/10.19105/ojbs.v18i1.12653.

Mali, Y.C.G. (2021a) Simple technology for language classrooms. Satya Wacana University Press. Available at: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22245.

Mali, Y.C.G. (2021b) ‘Using postermywall to practice communication in a foreign language classroom’, Teaching English with Technology, 21(3), pp. 89–100. Available at: https://tewtjournal.org/download/using-postermywall-to-practice-communication-in-a-foreign-language-classroom-by-yustinus-calvin-gai-mali/.

Mali, Y.C.G. (2022a) ‘A workshop on how to find current topics for research’, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), pp. 171–177. Available at: https://doi.org/10.30653/002.202271.14.

Mali, Y.C.G. (2022b) ‘Memenangkan beasiswa Dikti-Funded Fulbright: Tujuh petunjuk praktis’, Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 8–12. Available at: https://e-journal.usd.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/4004.

Mali, Y.C.G. (2022c) ‘Pelatihan daring tentang pengintegrasian teknologi dalam suatu kelas bahasa Inggris’, Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp. 206–212. Available at: https://jurnal.ut.ac.id/index.php/diseminasi/article/view/3122/1209.

Mali, Y.C.G. (2022d) Simple technology to support research. Sanata Dharma University Press.

Mali, Y.C.G. (2023) ‘Pemanfaatan teknologi untuk mencari literatur: Sesi daring bersama mahasiswa PPG’, E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(4), pp. 751–756. Available at: https://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/14308.

Mali, Y.C.G. (2024) ‘Theoretical perspectives of integrating technology into English language teaching and learning’, Elsya: Journal of English Language Studies, 6(2), pp. 151–160. Available at: https://journal.unilak.ac.id/index.php/elsya/article/view/17925/6333.

Mali, Y.C.G. (2025) ‘Pelatihan penggunaan teknologi untuk pengajaran bagi guru bahasa Inggris di Kabupaten Kudus’, Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 3(2), pp. 112–122. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.54832/judimas.v3i2.574.

Mali, Y.C.G. et al. (2023) ‘Pelatihan penerapan kurikulum merdeka belajar di dalam konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris’, Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), pp. 126–131. Available at: https://doi.org/10.24071/aa.v6i2.7027.

Perkins, M. (2023) ‘Academic integrity considerations of AI large language models in the post-pandemic era: ChatGPT and beyond’, Journal of University Teaching and Learning Practice, 20(2), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.53761/1.20.02.07.

Rudolph, J., Tan, Shannon and Tan, Samson (2023) ‘War of the chatbots: Bard, Bing Chat, ChatGPT, Ernie and beyond. The new AI gold rush and its impact on higher education’, Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1), pp. 364–389. Available at: https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.23.

Sumakul, D.T.Y.G., Hamied, F.A. and Sukyadi, D. (2022) ‘Artificial intelligence in EFL classrooms: Friend or foe?’, LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 15(1), pp. 232–256. Available at: https://so04.tci-thaijo.org/index.php/LEARN/article/view/256723.

Tseng, W. and Warschauer, M. (2023) ‘AI-writing tools in education: If you can’t beat them, join them’, Journal of China Computer-Assisted Language Learning, 3(2), pp. 258–262. Available at: https://doi.org/10.1515/jccall-2023-0008.

Tseng, Y.C. and Lin, Y.H. (2024) ‘Enhancing English as a Foreign Language (EFL) learners’ writing with ChatGPT: A university-level course design’, Electronic Journal of e-Learning, 22(2), pp. 78–97. Available at: https://doi.org/10.34190/ejel.21.5.3329.

UNICEF (2021) Policy guidance on AI for children. United Nations Children’s Fund (UNICEF). Available at: https://www.unicef.org/globalinsight/media/2356/file/UNICEF-Global-Insight-policy-guidance-AI-children-2.0-2021.pdf.pdf.

Young, J.C. and Shishido, M. (2023) ‘Investigating openAI’s ChatGpt potentials in generating chatbot’s dialogue for English as a foreing language learning’, International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(6), pp. 65–72. Available at: https://doi.org/10.14569/IJACSA.2023.0140607.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Mali, Y. C. G. (2025). Pelatihan Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan Untuk Guru MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs di Kabupaten Temanggung . DEDIKASI PKM, 6(2), 368 – 375. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.47270