Pendampingan Pembuatan Sertifikat Halal untuk UMKM Pawon Mbak Ru Magelang

Authors

  • Martini Martini Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Anindyaguna Semarang
  • Firdaus Firdaus Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Semarang https://orcid.org/0000-0003-1493-9839
  • Fiderius Ismanto Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Anindyaguna Semarang
  • Kukuh Mulyanto Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Anindyaguna Semarang
  • Asepta Hendriyanto Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Anindyaguna Semarang
  • Fajar Husain As'ari Program Studi Informatika, Sekolah Tinggi Teknik Pati
  • Mucahmmad Rully Sjahirul Alim Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.48398

Keywords:

UMKM, Sertifikasi Halal, Pendampingan, Legalitas, Daya Saing

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam sektor kuliner. Namun, salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM kuliner adalah kepemilikan sertifikasi halal, yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan daya saing produk. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendampingi UMKM "Pawon Mbak Ru" di Magelang dalam proses memperoleh sertifikasi halal guna meningkatkan legalitas dan daya saing produk mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup sosialisasi, pelatihan, serta pendampingan administratif dalam pengurusan sertifikasi halal sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kegiatan ini melibatkan 10 pelaku UMKM yang mendapatkan pendampingan secara langsung, dengan evaluasi melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengukur pemahaman serta kesiapan mereka dalam memperoleh sertifikasi halal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM yang didampingi memahami pentingnya sertifikasi halal, mampu memenuhi persyaratan administrasi, serta berhasil memperoleh sertifikasi halal yang diakui oleh otoritas terkait. Implikasi lebih luas dari penelitian ini adalah peningkatan daya saing UMKM kuliner dalam pasar domestik maupun internasional serta mendorong lebih banyak pelaku usaha kecil untuk mengurus sertifikasi halal sebagai bagian dari strategi bisnis berkelanjutan. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan UMKM dapat lebih berkembang dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk mereka.

References

Dan, L. F. J. S. E. (2020). Marketing Performance Berbasis Product Innovativeness Dan Islamic Differentiation Advantage. Journal Of Business And Economic Insights, 45(2), 132-145.

Dina, N. R., & Purwanto, E. (2025). The Role Of Heritage Image As An Intervening Factor In Increasing Visits To Lawang Sewu. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(1), 25-38.

Fauzi, R., & Ramadhani, T. (2022). Dampak Sertifikasi Halal Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Daya Saing Produk. Jurnal Ekonomi Islam, 14(3), 112-128.

Firdaus, F. (2020). Improvement Of Marketing Performance Based On Product Innovativeness. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(1), 102-110.

Firdaus, F. (2023). The Influence Of Policies With Islamic Norms And Travel Safety On The Interest Of Visiting Muslim Tourists In Halal Tourism Destinations In Indonesia Post Pandemi Covid 19. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 5(1), 513-531.

Firdaus, F., & Budiman, B. (2021). The Impact Of Brand Image, Price, And Variety Seeking On Brand Switching Behavior. Journal Of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 78-89.

Firdaus, F., Jatmiko, M. R., & Nurrahmah, W. O. S. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk Dimasa Pandemi Covid 19 Berbasis Social Media Pada UMKM Tahu Bakso Berkah Wijaya Di Batur Sari, Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 122-127.

Hakim, A., & Prasetyo, D. (2022). Efektivitas Pendampingan Dalam Proses Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Manajemen Usaha, 11(1), 45-60.

Hidayat, T., & Firmansyah, M. (2020). Peran Sertifikasi Halal Dalam Pengembangan UMKM Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah, 12(1), 45-60.

Ismail, R., & Nugraha, T. (2021). Legalitas Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Pengembangan UMKM. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan UMKM, 6(2), 89-105.

Lestari, D., & Nugroho, S. (2021). Implementasi Sertifikasi Halal Dalam Industri Pangan: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Halal Dan Keamanan Pangan, 8(1), 25-40.

Nurrahmah, W. O. S. (2020). Analisis Pengaruh Citra Lembaga, Kepercayaan Terhadap Lembaga Dan Kepuasan Terhadap Komitmen Relational. Anindyaguna Ekonobisnis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 2(1), 80-92.

Nurrahmah, W. O. S., Jatmiko, M. R., Hendriyanto, A., Mulyanto, K., Sulistiyaningsih, S., Effendi, M., ... & Firdaus, F. (2024). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha Dan Logo Pada UMKM Arifin Snack Pati, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3338-3344.

Putra, A., & Lestari, D. (2021). Regulasi Dan Prosedur Sertifikasi Halal Bagi UMKM: Tantangan Dan Solusi. Jurnal Hukum Dan Kebijakan Halal, 10(1), 88-102.

Rahman, A., & Yusuf, R. (2021). Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Terhadap Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 78-92.

Rahmawati, N., & Syahputra, R. (2021). Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi UMKM: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Halal, 9(2), 65-80.

Sari, M., & Widodo, B. (2020). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Sertifikasi Halal: Studi Kasus Di Indonesia. Jurnal Pengembangan Bisnis, 7(2), 55-70.

Sucipto, A. (2023). Kajian Tata Kelola UMKM Kabupaten Purworejo Menuju Daya Saing Internasional. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 8(2), 29-36.

Susanti, L., & Rahman, A. (2022). Sertifikasi Halal Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Produk Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis Halal, 10(1), 55-70.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Martini, M., Firdaus, F., Ismanto, F., Mulyanto, K., Hendriyanto, A., As’ari, F. H., & Alim, M. R. S. (2025). Pendampingan Pembuatan Sertifikat Halal untuk UMKM Pawon Mbak Ru Magelang . DEDIKASI PKM, 6(2), 341 – 348. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.48398