Klinik Pajak Sebagai Wadah Konsultasi Perpajakan di Politeknik Negeri Sambas
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.48667Keywords:
Jasa, Klinik Pajak, KonsultasiAbstract
Kabupaten Sambas merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat yang berdekatan dengan perbatasan Indonesia dan Malaysia. Hadirnya Klinik Pajak untuk menjawab masalah terkait banyaknya masyarakat sambas belum memahami arti dari wajib pajak, proses yang sulit atau sulit untuk dimengerti, dan tidak ramah akan digital sehingga Klinik Pajak bertujuan untuk membantu masyarakat dalam melakukan konsultasi perpajakan, penyusunan perpajakan dan pelaporan perpajakan, guna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam perpajakan. Metode kualitatif lapangan digunakan dalam pelaksanaan Klinik Pajak diawali dengan memperkenalkan Klinik Pajak pada masyarakat dengan menyebar brosur dan promosi di media sosial. Pada saat ini terdapat beberapa kelompok masyarakat yang memanfaatkan jasa relawan pajak seperti pegawai dan dosen Politeknik Negeri Sambas yang berjumlah 20 orang sebagai pengguna jasa pelaporan perpajakan dan sebanyak 3 (tiga) orang yang melakukan konsultasi perpajakan. Berkaitan dengan kondisi di atas sangat potensial untuk dikembangkannya konsultasi perpajakan dalam bentuk Klinik Pajak di Politeknik Negeri Sambas.. Keunggulan produk yang dihasilkan Klinik Pajak adalah penyedia jasa pelayanan perpajakan dengan didukung sarana prasarana yang lengkap sehingga terjadi peningkatan pada kualitas pelayanan. Produk yang dihasilkan Klinik Pajak yaitu, Konsultasi Perpajakan, Penyusunan Perpajakan, dan Pelaporan Perpajakan. Secara online calon konsumen dapat menghubungi media komunikasi online dan Instagram yang telah tersedia, sedangkan secara offline Klinik Pajak telah tersedia di Gedung Terpadu 2 Politeknik Negeri Sambas.
References
Andreansyah, F., & Farina, K. (2022). Analisis Pengaruh Insentif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm. Jesya, 5(2), 2097–2104. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i2.796
Bambang Setyawan, H., Wildan Jadmiko, M., Ayu Harsita, P., Rusdiana, S., & Luthfi, M. (2021). The Effect Of Human Resources On The Resources Accessibility Of Beef Cattle Farming Business. Jitro (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis), 8(1), 57–65. Https://Doi.Org/10.33772/Jitro.V8i1.14118
Eviyanti, N. (2021). Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Pembuatan Peralatan Aluminium Studi Kasus Pada Sp Aluminium Yogyakarta. Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 10(1), 10. Https://Doi.Org/10.26418/Jaakfe.V10i1.45233
Gultom, J. A., Maruli, S., Pandiangan, T., Silitonga, M., Sinurat, W., Naibaho, R., Teknik, A., Serdang, D., Unggulan, P., Mandiri, C., Produk, K., Linier, R., & Manufaktur, I. (2024). Pengaruh Pelatihan Kerja Karyawan Terhadap. 5(1), 14–18.
Haryono, N., & Octavia, R. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27. Https://Jurnal.Unnur.Ac.Id/Index.Php/Indept/Article/View/139
Hidayat, I., & Maulana, L. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tangerang. Bongaya Journal For Research In Accounting (Bjra), 5(1), 11–35. Https://Doi.Org/10.37888/Bjra.V5i1.322
Hilary, D., & Wibowo, I. (2021). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pt. Menjangan Sakti. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(1). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V9i1.518
Iftitah, A., & Setyadi, R. (2023). Penerapan Algoritma C.45 Untuk Analisis Pengadaan Peralatan Dan Mesin Kantor. Journal Of Information System Research (Josh), 4(2), 434–442. Https://Doi.Org/10.47065/Josh.V4i2.2673
Nurhaliza, A. (2021). Nurhaliza, A. (2021). Analisis Sarana Dan Prasarana Pada Ruang Filing Terhadap Keamanan Berkas Rekam Medis Di Puskesmas Wadaslintang 1. … Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 11(2), 34–39. Retrieved From Http://Ojs.Udb.Ac.Id/Index.Php/Info. … Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 11(2), 34–39. Http://Ojs.Udb.Ac.Id/Index.Php/Infokes/Article/View/1298
Rahayu, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkankepuasan Pelanggan. 2(1), 109–113.
Rustanti, D., Dita Purbowati, Amalia Haris, P., Gracela, Y., & Ariska Lubis, Y. (2023). Literature Review Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk Dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Erigo Store). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 823–838. Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V1i4.127
Sandita, R. P., Azizah, F., Lisna, & Tamrin, R. W. (2021). Aspek Pemasaran. مجلة اسيوط للدراسات البيئة, 1–16.
Sari, K., & Sukmawati, U. S. (2024). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kecamatan Sambas. 2(10), 1643–1661.
Siregar, W. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di E-Commerce. Indonesian Journal Of Computer Science, 12(6). Https://Doi.Org/10.33022/Ijcs.V12i6.3483
Sunardi, A. T. P., & Suprianto, E. (2015). Pengendalian Kualitas Produk Pada Proses Produksi Rib A320 Di Sheet Metal Forming Shop. Indept, 5(2), 6–15.
Syarifuddin, Bata Ilyas, J., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55. Https://Ojs.Stieamkop.Ac.Id/Index.Php/Biemr/Article/View/102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roshani Roshani, Eliza Noviriani, Lailatul Mukaromah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

