Manajemen Keuangan untuk Mendukung Pendidikan Anak
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.48777Keywords:
Manajemen Keuangan, Pendidikan, Anak, Orang Tua, SD N 8 BendanAbstract
Orang tua menghadapi tantangan dalam menyediakan pembiayaan dalam mendukung pendidikan anak. Jumlah murid yang putus sekolah meningkat salah satunya dikarenakan permasalahan biaya pendidikan. Orang tua belum menyiapkan dana simpanan untuk anaknya. Kegiatan PkM ini dilakukan untuk meningkatkan kesdaran orang tua murid mengenai pentingnya menyiapkan dana pendidikan anak dimulai dari sekarang. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 8 Bendan yang juga diikuti oleh mahasiswa asing dari Filipina yang ikut menceritakan bagaimana pengasuhan anak di Filipina . Terdapat 48 orang tuan yang hadir terdiri dari kelas 1 – kelas 3. Metode yang digunakan ialah identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penyampaian materi dan evaluasi. Pada analisis data digunakan teknik analisis kualitatif. Hasil pada kegiatan PkM ini terlihat pada test yang dilaksanakan sebelum dan sesudah kegiatan. Seperti pemahaman literasi keuangan yang mengalami peningkatan 78%, pengaturan manajemen keuangan meingkat 83%, rencana kepemilikan tabungan sebesar 83% dan rencana memiliki usaha tambahan sebesar 48%. Diharapkan dari kegiatan ini akan menjadikan meningkatkan jumlah anak yang bersekolah dan menurunkan angka putus sekolah khususnya di Kota Pekalongan.
References
Ahmad Gozali. 2010. http://myfamilyaccounting.wordpress.com/ 2010/05/19/rahasia-sukses-mengatur-keuangan-keluarga/
Andrianingsih, V., & Laras Asih, D. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 121–127. https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7812
Budiantoro, R. A., & Akuntansi, P. (2025). RASIONAL DI SDN PAKINTELAN 03 GUNUNGPATI SEMARANG Perekonomian Indonesia saat ini. 6, 1–11.
Dewi, A. F. K., Khasanah, D. Z. N., Andari, S., Puspitasari, R. E., & Susanto, B. H. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pengelolaan Biaya Pendidikan. 1(4), 138–145.
Finatariani, E., Setianingsih, S., Anisa, A., Zenabia, T., & Abdurachman, T. A. (2020). Pengelolaan Keuangan Keluarga Dan Pengenalan Dasar-Dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri Bagi Ibu-Ibu Majelis Taklim Al Auladiyah, Tangerang Selatan. Dedikasi Pkm, 1(2), 132. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6495
Muhajir, N. M. N., Bachtia, M. r, & Fauzi, A. (2023). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1–6.
Purba, M. (2021). Faktor Internal dan Eksternal yang Memengaruhi Status Putus Sekolah di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 ( Internal and External Factors Affecting Drop Out Status in DKI Jakarta Province in 2021 ). 2021(1995).
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 565–578. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310
Yudin, J., Wijaya, D. T., & Nuratipa, D. L. (2024). Edukasi Literasi Keuangan di Sekolah Dasar Negeri. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.26646
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggrainy Putri Ayuningrum, Dina Amalia Mahmudah, Akhmad Samsul Ulum, Chalimah Chalimah, Dewi Yuniar Magetana, Ahmad Syaiful Affa, Kartika Sandra Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

