Digital Entrepreneurship : Pemanfaatan Gadget Untuk Kemandirian Usaha Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 7 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.49278Keywords:
Enterpreneurship, Bisnis Digital, GadgetAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia kewirausahaan. Namun, pemanfaatan gawai oleh pelajar seringkali masih terbatas pada kegiatan konsumtif, bukan produktif seperti wirausaha. Menanggapi hal ini, tim dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan bertajuk "Entrepreneurship Digital: Pelatihan Pemanfaatan Gadget untuk Kemandirian Usaha bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 7 Bekasi" ini bertujuan menumbuhkan semangat berwirausaha, memberikan pengetahuan dan keterampilan bisnis digital, serta meningkatkan kesadaran siswa akan peluang dan tantangan di era digital. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara tatap muka dengan pendekatan edukatif dan partisipatif, mencakup sosialisasi, pelatihan, diskusi interaktif, serta evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Sebanyak 104 siswa mengikuti pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi digital, strategi pemasaran daring, serta penggunaan e-commerce dan media sosial dalam bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep dan manfaat teknologi digital untuk usaha. Peningkatan ini terlihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test yang mencerminkan peningkatan pemahaman peserta hingga lebih dari 25% di beberapa indikator utama. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam menumbuhkan minat dan kesiapan siswa untuk menjadi wirausahawan digital yang adaptif dan mandiri, serta efektif sebagai langkah awal membentuk generasi muda yang siap bersaing di era ekonomi digital.
References
Allen, J. (2019) Digital entrepreneurship. Routledge.
Parameswari, R. et al. (2025) ‘Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Negeri 1 Cikokol Tangerang’, SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), pp. 1–10.
Purwani, D.A. (2021) Pemberdayaan era digital. Bursa Ilmu.
We Are Social. (2021). Digital 2021 : Indonesia. Available at: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia [Accessed 25 May 2025].
Wibowo, D. et al. (2024) ‘Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan pada Pelaku UMKM Jakarta Timur’, IKRA-ITH ABDIMAS, 8(1), pp. 69–76.
Yasmin, A., Tasneem, S. and Fatema, K. (2015) ‘Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study’, International journal of management science and business administration, 1(5), pp. 69–80.
Zimmerman, M.A. (1995) ‘Psychological empowerment: Issues and illustrations’, American journal of community psychology, 23, pp. 581–599.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Intan Permatasari, Sipon Al Munir, Dedi Wibowo, Sari Nalurita, I Gusti Ngurah Willy Hermawan, Dewi Dyah Widyastuti, Dian Wijayanti, Javier Agiel Aftha Taufik, Putri Jasmine Rofik, Intan Vianidya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

