Digital Entrepreneurship : Pemanfaatan Gadget Untuk Kemandirian Usaha Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 7 Bekasi

Authors

  • Rita Intan Permatasari Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sipon Al Munir Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Dedi Wibowo Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sari Nalurita Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • I Gusti Ngurah Willy Hermawan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Dewi Dyah Widyastuti Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Dian Wijayanti Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Javier Agiel Aftha Taufik Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Putri Jasmine Rofik Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Intan Vianidya Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

DOI:

https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.49278

Keywords:

Enterpreneurship, Bisnis Digital, Gadget

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia kewirausahaan. Namun, pemanfaatan gawai oleh pelajar seringkali masih terbatas pada kegiatan konsumtif, bukan produktif seperti wirausaha. Menanggapi hal ini, tim dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan bertajuk "Entrepreneurship Digital: Pelatihan Pemanfaatan Gadget untuk Kemandirian Usaha bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 7 Bekasi" ini bertujuan menumbuhkan semangat berwirausaha, memberikan pengetahuan dan keterampilan bisnis digital, serta meningkatkan kesadaran siswa akan peluang dan tantangan di era digital. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara tatap muka dengan pendekatan edukatif dan partisipatif, mencakup sosialisasi, pelatihan, diskusi interaktif, serta evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Sebanyak 104 siswa mengikuti pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi digital, strategi pemasaran daring, serta penggunaan e-commerce dan media sosial dalam bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep dan manfaat teknologi digital untuk usaha. Peningkatan ini terlihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test yang mencerminkan peningkatan pemahaman peserta hingga lebih dari 25% di beberapa indikator utama. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam menumbuhkan minat dan kesiapan siswa untuk menjadi wirausahawan digital yang adaptif dan mandiri, serta efektif sebagai langkah awal membentuk generasi muda yang siap bersaing di era ekonomi digital.

Author Biography

Rita Intan Permatasari, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Jabatan saat ini : Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unsurya

References

Allen, J. (2019) Digital entrepreneurship. Routledge.

Parameswari, R. et al. (2025) ‘Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Negeri 1 Cikokol Tangerang’, SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), pp. 1–10.

Purwani, D.A. (2021) Pemberdayaan era digital. Bursa Ilmu.

We Are Social. (2021). Digital 2021 : Indonesia. Available at: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia [Accessed 25 May 2025].

Wibowo, D. et al. (2024) ‘Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan pada Pelaku UMKM Jakarta Timur’, IKRA-ITH ABDIMAS, 8(1), pp. 69–76.

Yasmin, A., Tasneem, S. and Fatema, K. (2015) ‘Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study’, International journal of management science and business administration, 1(5), pp. 69–80.

Zimmerman, M.A. (1995) ‘Psychological empowerment: Issues and illustrations’, American journal of community psychology, 23, pp. 581–599.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Permatasari, R. I., Al Munir, S., Wibowo, D., Nalurita, S., Hermawan, I. G. N. W., Widyastuti, D. D., … Vianidya, I. (2025). Digital Entrepreneurship : Pemanfaatan Gadget Untuk Kemandirian Usaha Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 7 Bekasi. DEDIKASI PKM, 6(2), 587 – 594. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i2.49278