Pemberdayaan Usaha Kreatif Dengan Manajemen Keuangan Untuk Memaksimalkan Laba di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depok

Authors

  • Rissa Hanny Universitas Pamulang
  • Ahmad Nurhadi Universitas Pamulang
  • Nurismalatri Nurismalatri Universitas Pamulang
  • Yhonanda Harsono Universitas Pamulang
  • Juwita Ramadani Fitria Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6040

Keywords:

Usaha Kreatif, Manajeman Keuangan, Laba

Abstract

Manajemen Keuangan untuk Memaksimalkan Laba di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depokâ€. Tujuan pengabdian ini adalah  untuk memberikan pengarahan kepada santri (peserta) bahwa mereka harus menjadi generasi muda yang memiliki kreatifitas dalam berwirausaha, dan melakukan pemberdayaan usaha kreatif yang selalu berinovasi, selain itu memberikan pengetahuan kepada para peserta (santri) tentang metode manajemen keuangan yang bisa memberikan keuntungan yag maksimal dalam berwirausaha agar mereka bisa menjadi wirausahawan yang sukses ke depan. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap survei dengan berkunjung ke Rumah Gemilang Indonesia lalu sosialisasi disana dengan pimpinan rumah Gemilang setelah itu menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitu sebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan pimpinan Rumah Gemilang Indonesia, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen Fakultas Ekonomi jurusan manajemen sebanyak 9 orang. Tim pengabdian memberikan materi tentang Pemberdayaan Usaha Kreatif dengan Manajemen Keuangan untuk Memaksimalkan Laba di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depok yang dilakukan oleh dosen dosen dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pamulang. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah Peserta awalnya kurang memahami bagaimana cara agar bisa menciptakan usaha kreatif dan menerapkan manajemen keuangan agar usaha mereka bisa meperolah laba yang maksimal. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan dari santriwan dan santriwati yang akan menghadapi dunia masyarakat. Materi yang kami berikan yaitu pembelajaran dan praktek dalam bidang manajemen khususnya manajemen keuangan yang baik sekaligus bahan kajian dan masukan bagi para santriwan/santriwati tersebut untuk dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membantu dan meningkatkan tingkat keilmuan dan terinspirasi dalam membuat usaha rumahan yang akan sangat bermanfaat dalam kehidupan mereka pada masa yang akan datang.

References

Ferdiansyah. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan MTs DI KKM MTsN Pamulang. Universitas Pamulang.

Hanny, R. (2015). Pengaruh Strategi Promosi, Komunikasi dan Kepercayaan dalam Menjalanlan Ecommerce Nerworking Business di Indonesia. Tesis: Universitas Pamulang.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Marketting Management edisi 14, Global Editon. Pearson Prentice Hall.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan Pt. Prima Ufuk Semesta Di Wilayah Jabodetabek), Jurnal Semarak 3(1).

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3).

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Hanny, R., Nurhadi, A., Nurismalatri, N., Harsono, Y., & Fitria, J. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kreatif Dengan Manajemen Keuangan Untuk Memaksimalkan Laba di Rumah Gemilang Indonesia Al Azhar, Sawangan Depok. DEDIKASI PKM, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6040