Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Dalam Dunia Usaha

Authors

  • Asep Suherman Universitas Pamulang
  • Hestu Nugroho Warasto Universitas Pamulang
  • Sawukir Sawukir Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6043

Keywords:

PKM, Aplikasi, Laporan Keuangan Sederhana

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan teknik pembuatan laporan keuangan sederhana pada Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya agar dapat mandiri dalam pembuatan laporan keuangannya. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampian materi dan praktik/penerapan pembuatan laporan keuangan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya kurang menguasai mengenai laporan keuangan sederhana, namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya cukup menguasai dan dapat membuat laporan keuangan sederhana. Kegiatan PKM secara tidak langsung sangat berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan peserta dan keterampilan peserta dalam pembuatan laporan keuangan sederhana. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan Kepala Pengurus Mesjid di Masjid Al Awwal Jalan Mawar Raya Depok Jaya dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi sebagai pebisnis di Depok Jawa Barat khususnya Jamaah Mesjid Al Awwal Depok Jaya. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek dalam mengembangkan Aplikasi keuangan sederhana untuk kepada para perwakilan Ketua Rukun Warga di Jamaah Mesjid Al Awwal Depok Jaya.

References

Horngren & Harrison, (2005), Akuntansi Di Indonesia, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta.

Firdaus, (2008), Dunia Pengantar Akuntansi Lengkap, Penerbit Salemba Empat, Edisi 3.

Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk, KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7 (1).

Sri W. (2009). Peran UKM Dalam Perekonomian Indonesia, Jurnal Mediargo, Vol. 5, No.1.

Mulyadi. N. (2010), Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil, Alfabeta, Bandung,

Febra, R. (2004). Akuntansi Praktis Untuk Usaha Kecil Dan Menengah, Studi Nusa, Semarang.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Suherman, A., Warasto, H. N., & Sawukir, S. (2020). Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Dalam Dunia Usaha. DEDIKASI PKM, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6043