Peran Seo Dalam Meningkatkan Reliabilitas Pemasaran Produk Via Media Online Pada Forum Muslimah Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6044Keywords:
Konten, Search Engine Optimization, DaringAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan satu dari tiga kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat, keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode kegiatan yang digunakan adalah dengan mengunjungi Forum Muslimah Depok, Masjid Al-Awwal, beralamat di Jalan Mawar Raya, Depok Jaya dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi anggota yang adalah pelaku bisnis di Depok Jawa Barat khususnya Jamaah Masjid Al Awwal Depok Jaya dan akan memberikan pelatihan disana pada tanggal 01-03 Oktober 2019. Pelatihan ini bertujuan agar mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan pemasaran lewat media daring (online) dengan metode dan teknik SEO (Search Engine Optimization) bagi para anggota Forum Muslimah, Masjid Al-Awwal, Depok Jaya. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para anggota Forum Muslimah Depok belum mengenal istilah-istilah terkait dengan pemasaran produk lewat media daring (online), namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para anggota Forum Muslimah Depok dapat memahami dasar-dasar pembuatan konten dengan kaidah SEO sederhana. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pembuatan konten berbasis SEO. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat khususnya bagi para dosen maupun civitas akademika Universitas Pamulang lainnya dalam memberikan penyuluhan materi, motivasi serta berkontribusi bagi khalayak masyarakat di dalam maupun luar lingkungan kampus Universitas Pamulang
References
Ilham, M. (2018). Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya. Diakses 10 Oktober 2019 10.00 WIB. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/
Ina, P. (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM dan Industri. Bandung: J.Ravianto.1985
Irfanudin, Ahmad Maulana. et al. (2019). Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Vol.2 No.1.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Rudjito (2003). Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah yang disampaikan pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI dengan BRI
Sukidjo. (2004). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, vol. 2, No. 1.
Tambunan, T. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.