Mengajar Dengan Metode Motimorfosis
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6054Keywords:
MotimorfosisAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pelatihan kepada para peserta mengembangkan mengajar dengan metode motimorfosis di SMP negeri 83 jakarta.Metode yang digunakan ada beberapa tahap diantaranya tahap persiapan, yang meliputi survey awal, pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran. Setelah survey maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan. Tahap berikutnya yaitu tahap pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tahap ini akan diberikan pemahaman, pengetahuan dan mengembangkan mengajar dengan metode motimorfosis. Sesi ini menitik beratkan pada pemberian penjelasan mengenai bagaimana guru dapat mengembangkan metode motimorfosis. Dan yang terakhir merupakan tahap pelatihan, dengan beberapa metode diantaranya ceramah, tanya jawab dan simulasi. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu para peserta (guru) lebih mengerti dan memahami serta mendapatkan ilmu mengenai metode pengajaran yang terbaru. Ada beberapa strategi yang bisa dicoba untuk mengembangkan metode motimorfosis yaitu : 1) Motivasi, 2) delagasi, dan 3) Apresiasi. Sehingga guru tidak menciptakan produk namun menciptkan pengaruh
References
Christensen, C. M. (1997). The Innovator’s Dilemma. harvard: Harvard Business. 2
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Developing Mathematical reasoning in Grades K-12, 138-145
Kurniati, D. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2), 142-155. Jurnal.id. (2015, Maret 12). Retrieved from https: // media. neliti. Com /media/publications/22939-ID-analisis-kompetensi-profesional-guru-ditaman-kanak-kanak-kecamatan-kampar-provi.pdf OECD, PISA. 2017. How Does PISA for Development measure mathematical literacy. Paris: OECD Publisher.
Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing
Setiawan, H. D., & Diah, N. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.