Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa Pkbm 26 Bintaro

Authors

  • Muhamad Guruh Universitas Pamulang
  • Hendri Gunawan Universitas Pamulang
  • Devi Putri Isnaeni Universitas Pamulang
  • Nurdinni Tilova Universitas Pamulang
  • Henni Marlinah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6055

Keywords:

Literasi Media, Media Sosial, Hoaks 

Abstract

Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa pada hal ini khususnya Para siswa sebagai konsumen media menjadi sadar tentang cara media dibuat dan diakses. Media sosial meruakan salah satu penyumbang positif didalam kemajuan teknologi dan komunikasi. Namun dampak kegunaan media sosial yang bersifat positif kerap tidak diperhatikan, alih-alih dampak negatif media sosial lah yang akhirnya banyak terjadi, dimana salah satunya terkait dengan penyebaran pemberitaan yang bersifat hoaks. Hoaks merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya. Dengan kata lain hoaks juga bisa diartikan sebagai upaya penutarbalikan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Hoaks juga bisa diartikan sebagai tindakan mengaburkan informasi yang sebenarnya, dengan cara membanjiri suatu media dengan pesan yang salah agar bisa menutupi pesan yang benar. Salah satu upaya meningkatkan literasi media adalah melalui pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa diskusi dan pemberian pengetahuan yang diselenggarakan di PKBM Negeri 26 Bintro. Dengan tujuan untuk meningkatkan pelatihan literasi media sosial terkait penanggulangan hoaks, kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan contoh-contoh kontemporer dan pemaparan terkait risiko-risiko dari ketersebaran hoaks.

References

Achmad, A. (2018). “Pentingnya Literasi Media Sosial Terhadap Masyarakatâ€,https://www.kompasiana.com/alyshachmad/5c07efda6ddcae24f301bff9/pentingnya-literasi-media-sosial-terhadap-masyarakat?page=all

http://zonasultra.com/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya.html

Iriantara, Y. (2009). Literasi Media (Apa. Mengapa, Bagaimana). Simbiosa Rekatama Media: Bandung.

Lesmana, G. N. A. “Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATAâ€), Tesis Universitas Indonesia.

Nugroho, A. S, Tips Menghadapi Hoax dan Spam. www.ilmukomputer.com.

Rahmawan, D. (2019) Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa SMA. Jurnal Unpad.

Tambruka, A. (2013). Literasi Media. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Tim pusat hums kementerian perdagangan RI. (2014 ). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RIâ€, Jakarta.

ZonaSultra.com “Ini Cara Mengatasi Berita "Hoax" di Dunia Mayaâ€.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Guruh, M., Gunawan, H., Isnaeni, D. P., Tilova, N., & Marlinah, H. (2020). Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa Pkbm 26 Bintaro. DEDIKASI PKM, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6055