Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah Warga Depok Jaya

Authors

  • Iskandar Zulkarnain Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang
  • Budi Syamtoro Universitas Pamulang
  • Muhamad Nurhamdi Universitas Pamulang
  • Irma Sari Octaviani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6060

Keywords:

Aplikasi Pemasaran, Digital Marketing, Strategi Pemasaran.

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan dan teknik pembuatan laporan keuangan sederhana pada Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya agar dapat menerapkan dan mempraktikan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran di Kelurahan Depok Jaya. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampian materi dan praktik/penerapan digital marketing seperti penggunaan Facebook, Instagram, Gojek, Grab, dan aplikasi lain sebagainya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya kurang menguasai aplikasi sebagai strategi pemasaran produk barang yang dijual, namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui Jamaah Mesjid Al Awwal depok jaya cukup menguasai dan dapat membuat tampilan dan kegunaan digital marketing. Kegiatan PKM secara tidak langsung sangat berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan peserta dan keterampilan peserta dalam pembuatan laporan keuangan sederhana. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan Kepala Pengurus Mesjid di Masjid Al Awwal Jalan Mawar Raya Depok Jaya dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi sebagai pebisnis di Depok Jawa Barat khususnya Jamaah Mesjid Al Awwal Depok Jaya. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek dala mengembangkan penggunanaan aplikasi digital marketing sebagai sarana untuk memasarkan produk kepada para perwakilan Ketua Rukun Warga di Jamaah Mesjid Al Awwal Depok Jaya.

References

Chaffey, D., & E. C. F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.

Reza, K, G. (1998). Marketing opportunities in the digital world. Internet research, 8(2), 185–194.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.

Stokes, R. (2011). eMarketing: The essential guide to digital marketing. Quirk eMarketing.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Zulkarnain, I., Setiawan, T. H., Syamtoro, B., Nurhamdi, M., & Octaviani, I. S. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah Warga Depok Jaya. DEDIKASI PKM, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6060