Menanamkan Jiwa dan Semangat Kewirausahaan Persaingan Menghadapi di Era Globalisasi Pada Guru Dan Orangtua Murid Bimbingan Belajar Bimba Pamulang Tangerang Selatan

Authors

  • Fahmi Susanti Universitas Pamulang
  • Lisdawati Lisdawati Universitas Pamulang
  • Rahmi Andini Universitas Pamulang
  • Rio Setiawan Universitas Pamulang
  • Whina Ratnawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6061

Keywords:

Kewirausahaan, Era Globalisasi

Abstract

Pengabdian ini berjudul menanamkan jiwa  dan semangat kewirausahaan persaingan menghadapi  di era globalisasi pada guru dan orangtua murid bimbingan belajar bimba Pamulang Tangerang selatan. Tujuan pengabdian ini adalah  untuk membantu mengembangkan potensi kewirausahaan pada orangtua siswa dan guru Pada BimBA AIUEO PAmulang Permai, selanjutnya diharapkan dapat membuat perubahan sosial  yang positif dan meningkatkan  perekonomian rumah tangga. “Menurut Wisadirana (2004) masuknya wanita dalam pasar kerja atau kerja produktif berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi rumahtangga, sehingga terjadi perubahan struktur ekonomi keluarga.â€. Metode yang digunakan adalah dalam bentuk penyampaian materi, presentasi, ceramah, tanya jawab interaktif   dan game simulasi terkait materi Kewirausahaan dan pentingnya kewirausahaan. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah peserta penyuluhan sudah memahami tetapi belum  maksimal, hanya mengetahui materi dasarnya saja tentang kewirausahaan  dan pentingnya kewirausahaan di era globalisasi.

References

Aini, N, S., dan Bowo, S. (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Make A Match dan Card Sort, Jurnal Bio-Pedagogi 3(1):23-28.

Andriani, S. (2006). Analisis Pengaruh Kewirausahaan dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran .Tesis. UNDIP, Semarang.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung.

Hasbullah, S., dkk. (2014) Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pertanian (JIPI);Vo247264.

Suparwoto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Abumi Aksara. Jakarta.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Susanti, F., Lisdawati, L., Andini, R., Setiawan, R., & Ratnawati, W. (2020). Menanamkan Jiwa dan Semangat Kewirausahaan Persaingan Menghadapi di Era Globalisasi Pada Guru Dan Orangtua Murid Bimbingan Belajar Bimba Pamulang Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 1(1), 95–100. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6061