Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6063Keywords:
Posyandu, Revolusi 4.0, Manajemen PemasaranAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui PKM sivitas akademik dapat hadir di tengah- tengah masyarakat. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Kelurahan Pisangan Kecamatan ciputat timur, Tangerang Selatan, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Ilmu Manejemen Pemasaran khususnya Pengelolaan keuangan berkaitan dengan cara mencari tahu tentang pengelolaan dana secara sistematis, sehingga Manajemen keuangan bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Permasalahan yang timbul yaitu tidak adanya media pembelajaran yang memadai untuk menjelaskan suatu konsep. Pembelajaran yang efektif . Namun kebanyakan sekolah masih merasakan kurangnya sarana dan prasarana tersebut. informasi masih cukup sulit didapatkan. Hal ini akan mempersulit masyrakat dalam memahami konsep, jadi penyuluh harus kreatif dan inovatif. PKM dengan judul: “Pengenalan letak posyandu terdekat dikelurahan pisangan dengan manajemen pemasaran revolusi 4.0 untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat letak dan fungsi posyandu terdekat pada kelurahaan pisangan†secara umum berjalan dengan lancar dan tertib. masyarakat antusias dalam menyimak penjelasan materi yang diberikan. Antusiasme warga pun berlanjut saat tanya jawab seputar peragaan. Kegiatan PkM ini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan warga cukup tinggi terhadap pengetahuan Kelurahan Pisangan.
References
Ainsworth, M. (2002). Managing Performance, Managing People: Understanding and Improving Team Performance, Frenchs Forest: Pearson Education.
Eko, S. (2014), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Ardadizya Jaya.
Ferdinand, A. (2006), Metode Penelitian Manajemen, Semarang: AGF Books.
Hollyforde & Whiddett, (2003), The Motivation Handbook, Mumbai: Jaico Publishing House.
K. Hoy, Wayne & Cecil G. Miskel, (2005), Educational Administration Theory, Research and Practice, New York: Mc Graw Hill.
Mulyasa, E., (2011), Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana, 1(1).
Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS, 1(1).
Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa Dan Siswi Smk Letris Indonesia Di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172
Sanjaya, W. (2013), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sekaran, U. (2006) Research Methods For Business, Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2002), Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009), Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta CV.
Suharsaputra, U. (2013), Administrasi Pendidikan, Bandung: PT. Refika Aditama.