Penyuluhan Manajemen Pemasaran yang Strategis dalam Pengembangan Yayasan Nurul Ikhsan

Authors

  • Risza Putri Elburdah Universitas Pamulang
  • Ugeng Budi Haryoko Universitas Pamulang
  • Fauziah Septiani Universitas Pamulang
  • Lucia Maduningtias Universitas Pamulang
  • Edy Krisyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6067

Keywords:

Media Pemasaran, Media Promosi, Pengembangan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni.  Melalui PKM civitas akademik dapat hadir di tengah- tengah masyarakat. Lokasi Yayasan Nurul Ihsan yang cukup masuk kedalam perkampungan, sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahui keberadaanya. Padahal Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Disamping kegiatan pendidikan (pesantren), Panti Nurul Ihsan juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan kepada anak asuh dan masyarakat sekitar guna memupuk bakat dan membekalinya dengan keterampilan tertentu untuk dimasa yang akan datang. Banyaknya kegiatan diatas, maka kebutuhan untuk terus melakukan pengembangan keterampilan merupakan hal yang senantiasa diperjuangkan oleh para pengurus Yayasan Panti Asuhan Nurul Ihsan dan lembaga-lembaga lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dilakukan penyuluhan manajemen pemasaran yang strategis agar nama Yayasan Nurul Ihsan semakin dikenal masyarakat luas. Harapannya semakin banyak para donatur tetap untuk membantu memenuhi pendidikan para santri dan yatim piatu pada Yayasan Nurul Iksan. Salah satu solusi yang dihasilkan dari penyuluhan ini adalah tentang media pemasaran dan tenaga pemasaran yang harus dimiliki oleh Yayasan Nurul Iksan. PKM dengan judul:  “Penyuluhan Manajemen Pemasaran yang Strategis dalam Pengembangan Yayasan Nurul Iksan†secara umum berjalan dengan lancar dan mengesankan. Para santri dan pengurus yayasan sangat antusias dalam menyimak penjelasan materi yang diberikan.  Hal ini tergambar dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan serta diskusi dua arah yang terjadi. Antusiasme pun berlanjut saat sesi mengulas kasus-kasus yangberkaitan dengan media pemasaran.

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran di Indonesia :Analisis,. Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba.

Rangkuti, F. (2012). The Power of Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F & Gregorius C. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Elburdah, R. P., Haryoko, U. B., Septiani, F., Maduningtias, L., & Krisyanto, E. (2020). Penyuluhan Manajemen Pemasaran yang Strategis dalam Pengembangan Yayasan Nurul Ikhsan. DEDIKASI PKM, 1(1), 121–126. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6067