Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug

Authors

  • Desi Prasetiyani Universitas Pamulang
  • Didi Sunardi Universitas Pamulang
  • Karolina Karolina Universitas Pamulang
  • Ratna Sari Universitas Pamulang
  • Faisal Faisal Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6389

Keywords:

PKM, Pengelolaaan Sumber Daya Manusia, Produktivitas

Abstract

UKM (Usaha Kecil dan Menengah) merupakan kegiatan ekonomi yang sangat nyata yang ada diIndonesia. UKM sangat berperan penting terhadap kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap perkembangan dan kemajuan perekonomian Indonesia. Selain itu, UKM juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja, artinya UKM juga berperan menciptakan lapangan pekerjaan. Menurut Keppres RI No. 99 Tahun 1998 pengertian UKM (Usaha Kecil dan Menengah) adalah “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat†(Irriyanti, 2012).Sumber Daya Manusia merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari keterkaitan dengan suatu organisasi atau perusahaan. Suatu organisasi atau perusahaan tentu sangat tidak mungkin bisa berkembang dan maju tanpa adanya sumber daya manusia yang kompeten didalamnya. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju dengan pertumbuhan tenaga kerja yang pesat, sumber daya manusia dituntut memiliki keahlian dan kemampuan yang memadai sehingga mereka memang layak untuk dipekerjakan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Permasalahan yang dihadapi ibu-ibu UKM Lingkungan RW 013, Kelurahan Paninggilan Utara, Ciledug, Kota Tangerang berkaitan dengan produktivitas usaha UKM dan pengelolaaan sumber Daya Manusia. Sumber daya manusia yaitu manusia sendiri sebagai faktor produksi, seperti halnya faktor produksi yang lainnya, merupakan masukan (input) yang diolah oleh perusahaan dan menghasilkan keluaran (output). Karyawan baru yang belum memiliki keterampilan dan keahlian dilatih, sehingga menjadi karyawan yang terampil dan ahli.  Apabila dia dilatih lebih lanjut serta diberikan pengalaman dan motivasi, dia akan menjadi karyawan yang matang sehingga dapat mendukung produktivitas usaha ibu-ibu UKM. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan ibu-ibu UKM Lingkungan RW 013,Kelurahan Paninggilan,Kecamatan Ciledug Kota Tangerang dengan memganalisis pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi anggota yang adalah pelaku bisnis ibu-ibu UKM Lingkungan RW 013,Kelurahan Paninggilan,Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek yang bertujuan mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan produktivtas bagi para anggota ibu-ibu UKM Lingkungan RW 013, Kelurahan Paninggilan, Kecamatan Ciledug Kota Tangerang.

References

Kurniawan. P. (2020), “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdekaâ€. Jenius, Vol. 3. No. 3.

Kurniawan, P. (2019), “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdekaâ€, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 1. No. 2.

Kurniawan, P. (2019), Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Pada PT. Daya Perkasa. Jurnal Mandiri. Vol. 2. No.2.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3.

Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equtity Ratio Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT. Kalbe Farma Tbk. Jurnal Kreatif, Vol. 7. No. 1.

Downloads

Published

2020-07-29

How to Cite

Prasetiyani, D., Sunardi, D., Karolina, K., Sari, R., & Faisal, F. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug. DEDIKASI PKM, 1(2), 50–54. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6389