Strategi Berbisnis Online Ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6394Keywords:
Strategi, Daring, Covid-19Abstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan satu dari tiga kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat, keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode kegiatan yang digunakan adalah dengan mengunjungi Yayasan Al-Kamilah, beralamat di Jalan Serua Raya, Bojong Sari, Depok untuk menelaah serta menemukan pemasalahan yang ada di lokasi tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi khususnya para tenaga pengajar dan pengasuh Yayasan yatim dan dhuafa serta panti yang merupakan pegiat usaha kecil dan menengah di wilayah bojongsari Depok Jawa Barat dan akan memberikan pelatihan disana pada tanggal 14 s.d. 16 Mei 2020. Pelatihan ini bertujuan agar dengan semakin berkembangnya IPTEK di Indonesia, diharapkan dapat mengembangkan Strategi berbisnis dengan menggunakan media Online atau daring terlebih di masa pandemi Covid-19 bagi para pengasuh serta tenaga pengajar dan umumnya bagi para adik-adik yatim piatu. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para pengasuh dan tenaga pengajar serta para yatim dan dhuafa belum mengenal pemasaran produk lewat media daring (online), juga mengenai strategi pengembangan bisnis secara global, tetapi setelah pelaksaan kegiatan diketahui para peserta yang terdiri dari tenaga pengajar serta adik-adik yatim piatu dan dhuafa dapat memahami dasar-dasar strategi berbisnis, membuat iklan dan pemasaran produk secara sederhana. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat khususnya bagi para dosen maupun civitas akademika Universitas Pamulang lainnya dalam memberikan penyuluhan materi, motivasi serta berkontribusi bagi khalayak masyarakat di dalam maupun luar lingkungan kampus Universitas Pamulang.
References
Berry, A. R. (2001). Small and Medium Enterprises Dynamics in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 363-384.
Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2., No. 1, 159-168.
jurnal.id. (2019, Maret 12). Retrieved from https://www.jurnal.id:
https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/
Kasali, R., & dkk. (2010). Modul Kewirausahaan. Jakarta: HIkmah (PT Mizan Publika).
Ling, A. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deksriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA Vol. 1., No. 1, 1-8.