Pendidikan Bagi Generasi Milenial di Sma Almanar Azhari Islamic Boarding School Depok, Jawa Barat

Authors

  • Diana Riyana Harjayanti Universitas Pamulang
  • Endang Susilo Wardani Universitas Pamulang
  • Oki Iqbal Khair Universitas Pamulang
  • Nelwati Tanius Universitas Pamulang
  • Reza Octovian Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6441

Keywords:

Pendidikan, Generasi Milenial, Profesional Guru

Abstract

Saling memahami antara satu dengan yang lainnya untuk mencegah  komunikasi yang salah di antara anak didik dan pendidik sehingga akan mengakibatkan kesenjangan sosial, kelirunya pemahaman pada ilmu dan berimbas pada buruknya pempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah membagi ilmu dari Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Universitas Pamulang (UNPAM) kepada sekolah Almanar Azhari Islamic Boarding School tentang bagaimana profesional guru dalam meningkatkan kualitas mendidik dan pendidikan bagi generasi milenial dalam nilai-nilai Islam. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang karakter generasi milenial sehingga profesional guru dapat merencanakan strategi pembelajaran yang kreatif dengan lingkungan pendidikan yang menyenangkan.

References

Among Makarti, (2014). Pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, (2008) Manajemen Pendidikan, cet. ke-1, Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Lalo, Kalfaris. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi.Jurnal Ilmu Kepolisian Volume 12 Nomor 2.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos.

Mike Frye, at all. (2002). Character Education Informational Handbook and Guide. Public Schools of North Carolina State Board of Education Department of Public Instruction Division of Instructional Services Character Education.

Nurina, Siti Hakim dan Aliffatullah Alyu Raj.Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja.Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Putra, Yanuar Surya. (2016) Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Vol. 9 No. 18.

Rafid, R. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam sebagai Upaya Pengembangan dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. JMP Online, 2(7), 711–718.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal AlThariqah, 3(1), 39–53. 2018

Sawaluddin. Eksistensi PKN sebagai Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa. Tingkap, VIII (2), 145–158.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, XXIX (2), 1–8.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Harjayanti, D. R., Wardani, E. S., Khair, O. I., Tanius, N., & Octovian, R. (2020). Pendidikan Bagi Generasi Milenial di Sma Almanar Azhari Islamic Boarding School Depok, Jawa Barat. DEDIKASI PKM, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6441