Strategi Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Produk Perbankan Untuk Warga Rt 006/Rw 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6449Keywords:
Literasi Keuangan, Produk Perbankan, UKMAbstract
Masyarakat yang well literate lebih mudah memahami hal-hal yang terkait dengan industri jasa keuangan serta memiliki informasi untuk mengakses industri jasa keuangan yang diperlukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari mereka. Hal tersebut memungkinkan mereka lebih mudah dalam menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Di samping itu, masyarakat yang well literate cenderung memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang lebih baik dalam mendukung kesejahteraan keuangan mereka. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang ada di Warga RT 006/RW 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat adalah kurangnya literasi keuangan disebabkan didaerah tersebut belum pernah diadakan sosialisasi terkait literasi keuangan. Solusi dari kami sebagai Pelaksana Tridharma Perguruan Tinggi adalah Memberikan pemahaman tentang peningkatan literasi keuangan melalui produk-produk perbankan.Sehingga warga RT 006/RW 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat lebih lanjut diharapkan mampu mendorong peningkatan pemanfaatan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka guna untuk mengangkat ekonomi masyarakat. Target luaran yang kami akan capai adalah agar Warga RT 006/RW 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan literasi keuangan terutama dengan produk perbankan, mengetahui produk-porduk perbankan yang ada agar kedepan diharapkan dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan terutama dalam mengembangkan UKM (usaha kecil menengah).
References
Chen, H & Volpe, R.P. (2002). Gender Differences in Personal Literacy Among College Students. Financial Services Review 11. p289-307
Lusardi, A, et.,al. (2010). Financial Literacy Among the Young, Journal of Consumer Affairs. 44(2), pp 358-380.
Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equtity Ratio Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT. Kalbe Farma Tbk. Jurnal Kreatif, Vol. 7. No. 1.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3.
Tomaskova. H, et.al. (2011). Issues of financial literacy education. Procedia -Social and Behavioral Sciences 28 (2011) 365 –369