Strategi Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Produk Perbankan Untuk Warga Rt 006/Rw 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat

Authors

  • Rizka Wahyuni Amelia Universitas Pamulang
  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang
  • Lina Nofiana Universitas Pamulang
  • Arif Hidayat Universitas Pamulang
  • Asep Muhammad Lutfi Universitas Pamulang
  • Muhamad Randy Akbar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6449

Keywords:

Literasi Keuangan, Produk Perbankan, UKM

Abstract

Masyarakat yang well literate lebih mudah memahami hal-hal yang terkait dengan industri jasa keuangan serta memiliki informasi untuk mengakses industri jasa keuangan yang diperlukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari mereka. Hal tersebut  memungkinkan  mereka  lebih  mudah  dalam  menentukan  produk  dan layanan  jasa  keuangan  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  kemampuan  dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Di samping itu, masyarakat yang well literate cenderung memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang lebih baik dalam mendukung kesejahteraan    keuangan mereka. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan  yang  ada  di  Warga  RT  006/RW  10,  Kampung  Cimuncang,  Desa Karangnunggal,  Tasikmalaya,  Jawa  Barat  adalah  kurangnya  literasi  keuangan disebabkan  didaerah  tersebut  belum  pernah  diadakan  sosialisasi  terkait  literasi keuangan. Solusi   dari   kami   sebagai   Pelaksana   Tridharma   Perguruan   Tinggi   adalah Memberikan  pemahaman  tentang  peningkatan  literasi  keuangan  melalui  produk-produk  perbankan.Sehingga  warga  RT  006/RW  10,  Kampung  Cimuncang,  Desa Karangnunggal,   Tasikmalaya,   Jawa   Barat   lebih   lanjut   diharapkan   mampu mendorong  peningkatan  pemanfaatan  produk  dan  jasa  keuangan  yang  sesuai dengan kebutuhan mereka guna untuk mengangkat ekonomi masyarakat. Target  luaran  yang  kami  akan  capai  adalah  agar  Warga  RT  006/RW  10, Kampung  Cimuncang,  Desa  Karangnunggal,  Tasikmalaya,  Jawa  Barat  dapat mengetahui  bagaimana  cara  meningkatkan  literasi  keuangan  terutama  dengan produk  perbankan,  mengetahui  produk-porduk perbankan  yang  ada  agar  kedepan diharapkan  dapat  memanfaatkannya  sesuai  dengan  kebutuhan  terutama  dalam mengembangkan UKM (usaha kecil menengah).

References

Chen, H & Volpe, R.P. (2002). Gender Differences in Personal Literacy Among College Students. Financial Services Review 11. p289-307

Lusardi, A, et.,al. (2010). Financial Literacy Among the Young, Journal of Consumer Affairs. 44(2), pp 358-380.

Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equtity Ratio Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT. Kalbe Farma Tbk. Jurnal Kreatif, Vol. 7. No. 1.

Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.

Solihin, D. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3.

Tomaskova. H, et.al. (2011). Issues of financial literacy education. Procedia -Social and Behavioral Sciences 28 (2011) 365 –369

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Amelia, R. W., Sari, W. I., Nofiana, L., Hidayat, A., Lutfi, A. M., & Akbar, M. R. (2020). Strategi Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Produk Perbankan Untuk Warga Rt 006/Rw 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. DEDIKASI PKM, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6449