Membangun Mental Wirausaha Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Rt 006 Rw 10 Kp Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i2.6474Keywords:
Mental Wirausaha, Taraf HidupAbstract
Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia harus dikelola dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam Undang – Undang Dasar tahun 1945 Pasal 33 Ayat 1 sampai dengan ayat 5 tentang prinsip ekonomi Indonesia serta pengelolaan kekayaan alam negara. Keberhasilan pengelolaan sumber daya alam tidak terlepas dari sumber daya manusia sebagai penggerak, pengelola sumber daya alam yang dimiliki. Dengan demikian, perlu adanya peningkatan SDM (sumber daya manusia) yang unggul untuk dapat mengelola SDA (sumber daya alam) agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berwirausaha untuk menaikan taraf hidup masyarkat itu sendiri. Pengoptimalan hasil pertanian dapat dilakukan dengan cara pengolahan yang baik sehingga menambah nilai estetika dari produk tersebut. Aplikasi teknik pengolahan hasil pertanian adalah solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan petani adalah dengan menyediakan teknologi pengolahan hasil pertanian yang handal yang mampu meningkatkan nilai ekonomis hasil pertanian. Masyarakat RT 006 Rw 10 kampung Cimuncang, sebagian besar hidup dengan bertani atau bercocok tanam yang saat ini masih mengalami kendala untuk bisa memaksimalkan hasil usaha mereka dan minimnya mental usaha yang berimbas dengan pendapatan petani dan peternak perdesaan fluktuatif sesuai keadaan pasar dan alam, sehingga memberikan kontribusi terbesar angka kemiskinan, dan sulit untuk menaikan taraf hidup masyarakat RT 006 RW 10 Kp Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat. Berdasarkan permasalahan ini kami dari Tim Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM) yang berjumlah 5 dosen terpanggil untuk ikut serta membantu memecahkan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dengan melakukan penyuluhan tentang mental usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwirausaha diantara nya untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat RT 006 RW 10 Kp Cimuncang Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat. Target luaran yang kami akan capai adalah agar Warga RT 006/RW 10, Kampung Cimuncang, Desa Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan pendapatan dengan mengolah hasil pertanian.
References
Amri, Ulil. (2010). Motivasi Mahasiswa Aktif Didalam Organisasi Ekstrakulikuler. Tidak Terbit
Armstrong, Michael. (2003), How to be An Even Better Manager, Edt :Lyndon Saputra, Penerbit Binarupa Aksara, Batam.
Buchari, Alma, (2009), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedelapan, Bandung: Alfabeta
Daryanto. (2012). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Hisrich, R & Peter M. (2000). Entrepreneurship.Edisi Keempat. Singapore Mc Gran-Hill. Inc
Lambing, P. A & Kuehl C. R. (2000). Entrepreneurship. Edisi Kedua. Edition New Jersey.Pretice Hall
Rachbini, D.J. (2001), Pengembangan Ekonomi & Sumber Daya Manusia, Penerbit Grasindo , Jakarta.
Riyanti, Benedicta, Prihatin, Dwi. (2003). Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Grasindo. Jakarta
Riyanti, B Dwi. (2002), Kecendrungan Inovasi, Proceeding Temu Ilmiah APIO, Psikologi Unair.
Rusdiana, H.A. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cetakan ke 1. Bandung: Pustaka Setia
Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, Eveline, & Nara, Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran, Cetakan ke 2. Bogor: Ghalia Indonesia
Slamet, F. dkk. (2014). Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Prima Ufuk Semesta Studi Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK, Jurnal Semarak, Vol. 3 No.1.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3.
Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equtity Ratio Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT. Kalbe Farma Tbk. Jurnal Kreatif, Vol. 7. No. 1.
Suryana. (2009). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiatdan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Uno B, Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi. Aksara
Wibowo Agus. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wikanso. (2013). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Media Prestasi, Vol. XI, No. 1.
Winarto V (2003), Entrepreneurship : Semangat untuk memberikan solusi bagai masyarakat, Artikel http;//www.e-psikologi.com/pengembangan/rls.htm, 30-01-2003