Penerapan Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah Bagi Warga Desa Cicalengka Rt 002/Rw 002 Kecamatan Pagedangan

Authors

  • Linda Suprihatin Universitas Pamulang
  • H Tjeri Hadjrillah Universitas Pamulang
  • Gunarda Gunarda Universitas Pamulang
  • Anom Susilo Universitas Pamulang
  • Wasiran Wasiran Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6750

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Usaha Kecil dan Menengah.

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk UKM di Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan Pagedangan. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan, survei lapangan, tahap sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai berikut: Pengetahuan peserta dalam hal ini warga di Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan Pagedangan mengenai manajemen pemasaran sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai manajemen pemasaran setelah disampaikan semakin meningkat.

References

Aidil Amin Effendy., et all. (2020). Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi di Sekolah Pada SMK Mulia Buana, Parung Panjang – Kab. Bogor. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Angga Juanda., et all. (2020). Menumbuhkan Rasa Gotong Royong Dan Interaksi Sosial Di Kelurahan Pondok Jaya Kota Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Derita Qurbani., Sri Mardiana., dan Riski Dwi Nugroho. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Dumilah, R., Sunarto A., Ahyani., Solihin, D., dan Maulida H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 1.

Finatariani, E., Setianingsih., Anisa., Zenabia, T., dan Abdurachman, T. A. (2020). Pengelolaan Keuangan Keluarga Dan Pengenalan Dasar-Dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri Bagi Ibu-Ibu Majelis Taklim Al Auladiyah, Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Purwanti, Andhani D., Simangunsong. R.R., Nelsi, M., dan Yunanti, S. (2020). Membangun Mental Wirausaha Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Rt 006 Rw 10 Kp Cimuncang Destasikmalaya Karangnunggal Kabupaten Propinsi Jawa Barat. DEDIKASI PKM. Vol. 1. No. 2.

Solihin, D. (2020), “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK)â€, Jurnal Semarak, Vol. 3. No. 1.

Solihin, D. (2020), “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Mandiri. Vol. 4. No. 1.

Solihin, D., dan Wibawanto, E. (2020). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatanâ€. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3. No. 3.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Suprihatin, L., Hadjrillah, H. T., Gunarda, G., Susilo, A., & Wasiran, W. (2020). Penerapan Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah Bagi Warga Desa Cicalengka Rt 002/Rw 002 Kecamatan Pagedangan. DEDIKASI PKM, 1(3), 88–92. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6750