Strategi Pengembangan Sdm Sebagai Persiapan Membangun Destinasi Wisata Curug Angkrek, Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8479Keywords:
Pengembangan SDM, Destinasi WisataAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pembinaan berupa penyampaian materi dalam bentuk presentasi. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan dan peran SDM sebagai motor penggerak industri pariwisata, pencipta produk industri pariwisata, dan sebagai penentu daya saing industri pariwisata. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita karena sebagaimana diketahui bahwa sektor pariwisata di Indonesia masih menduduki peranan yang sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan devisa negara.References
Dewi, I.K., Ahyani., Sudarso, A.P., Liawati., & Widowati. (2020). Pengelolaan Hasil Pertanian Dalam Meningkatkan Harga Jual Pada Petani Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang – Banten. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.
Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Kementrian Pariwisata. (2016). Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata tahun 2015. Jakarta.
Kemenpar. (2012). Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Mardiana, S., Supriyatna, W., Hasanah, Y. M., Zakaria., & Indirasari, I. (2010). Optimalisasi Anggaran Keuangan Di Masa Pandemi Pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Mudrajad. (2004). Otonomi daerah dan pembangunan daerah. Jakarta: Erlangga.
Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Qurbani, D., Mardiana, S., & Nugroho, R. D. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Rahman, M.R. (2019). Pentingnya Mengangkat Daya Saing SDM Sektor Pariwisata, https://www.antaranews.com/berita/1032440/pentingnya-mengangkat-daya-saing-sdm-sektor-pariwisata, diakses pada 01 September 2020
Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi., & Susanto, N. (2020). PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UKM KELURAHAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGGERANG-BANTEN. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Sedarmayanti (2014). Membangun & mengembangkan kebudayaan dan industri pariwisata: Bunga rampai tulisan pariwisata. Bandung: PT Refika Aditama.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. ABDI LAKSANA, 1(3), 351–355.
Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). Pemanfaatan Botol Bekas Sebagai Penyaring Air Bersih Sederhana Bagi Warga Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 1(3), 98–102.
Soekidjo. (2000). Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata sebagai Systemic Linkage. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.Kuncoro,
Sunaryo, B., (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.