Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic pada Rumah Tahsin Al Hikam, Pondok Kacang Timur Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8481Keywords:
Bisnis Online, Pandemic Covid 19Abstract
Saat ini belajar digital marketing atau belajar pemasaran online merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh setiap orang jika tidak ingin tergerus oleh perkembangan zaman. Belajar pemasaran online bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk para santri. Pasalnya, saat ini sudah banyak lulusan pesantren yang juga mengikuti arus perkembangan teknologi dengan mempelajari digital marketing. Rasanya kurang tepat, jika anda berpikir bahwa lulusan pesantren hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan mengaji saja. Karena di samping itu, lulusan santri juga harus bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penyuluhan dalam mengelola dan memikirkan tata kelola yang efektif tntang solusi mengembangkan potensi para santri maupun para guru santri untuk belajar bisnis online sebagai upaya pencapaian tujuan untuk membangun perekonomian untuk rumah tahsin dan tahfiz Al - Hikam. Program yang kami usulkan adalahâ€Solusi Bisnis Online Dimasa Pandemic Pada Rumah Tahsin Al Hikam, Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan internet marketing sosial yang dampak positifnya bagi para santri maupun tenaga pengajar para rumah tahfids dan tahsin Al-Hikam untuk mampu membuka wirausaha. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai mempunyaihasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan sebuah usaha dan kemampuan untuk berdagang secara online untuk perbekalan di masa yang akan datang.References
Alma, (2013), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta
Ariyanto, Aris (2019), The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.
Assauri, (2012), Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Daryanto, (2011), Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.
Effendi M. Guntur, (2010), Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Hasan, (2009), Marketing, Yogyakarta: Media Pressindo.
Jhon D. Millet, (2012), Management in the public service: The quest for effective performance. New York: McGraw-Hill.
Kotler dan Amstrong, (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.
dan Keller, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.
Legawa, Aby. (2008). Komponen Produk Pariwisata dengan Acuan Khusus. Jakarta: Gramedia Pustaka
Mardiana, S., Supriyatna, W., Hasanah, Y. M., Zakaria., & Indirasari, I. (2010). Optimalisasi Anggaran Keuangan Di Masa Pandemi Pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.
Rangkuty, (2009), Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.
Robbins dan Coulter, (2014), Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Rulli Nasrullah, (2016), Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). PEMANFAATAN BOTOL BEKAS SEBAGAI PENYARING AIR BERSIH SEDERHANA BAGI WARGA DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG. DEDIKASI PKM, 1(3), 98–102
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library
Supranto, (2012), Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Swastha dan Irawan, (2011), Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.