Pengembangan Sdm Rumah Sakit di tengah Pandemi Covid-19 pada Rs. Medika Bsd

Authors

  • Muger Apriansyah Universitas Pamulang
  • Agrasadya Agrasadya Universitas Pamulang
  • Ading Sunarto Universitas Pamulang
  • Laila Irawati Universitas Pamulang
  • Putri Nilam Kencana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8493

Keywords:

Pengembangan SDM, Rumah Sakit, Pandemic Covid-19

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan gambaran strategi yang dapat dilakukan dalam upaya menumbuhkan motivasi kerja para karyawan saat ini, khususnya karyawan Rumah Sakit Medika BSD Tangerang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat ini keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang kegiatan yang dilaksanakan adalah kami mendatangi langsung ke lokasi PKM yaitu di Rumah Sakit Medika BSD Tangerang yang beralamat di Jl. Letnan Soetopo, No. 7, BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh yakni bertambahnya dorongan motivasi para karyawan untuk bekerja lebih giat dan meningkatkan kompetensinya selama masa pandemic Covid-19 ini dan bertambahnya keilmuan para karyawan di Rumah Sakit Medika BSD Tangerang agar mereka memiliki cara pandang yang baik tentang pentingnya meningkatkan dan membangun motivasi diri untuk bekerja lebih baik lagi dan belajar bertanggung jawab pada masa kini sebagai bekal mereka untuk kehidupan di masa yang akan daatang. Ilmu yang didapatkan pada Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi dosen dalam upaya mengembangkan diri memberikan pengarahan, penyampaian materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda baik di dalam lingkungan sekolah, kampus, keluarga dan masyarakat secara luas.

References

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.

Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI USAHA ATAU BISNIS BAGI SISWA. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Fathurrahman. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Sejarah.

Hasanah, U. (2015). Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di MtsN Amuntai. Jurnal Socius, 4 (2).

Mardiana, S., Supriyatna, W., Hasanah, Y. M., Zakaria., & Indirasari, I. (2010). Optimalisasi Anggaran Keuangan Di Masa Pandemi Pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM. 1 (3).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19

Qurbani, D., Mardiana, S., & Nugroho, R. D. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. 1 (3).

Siregar, H. I. (2015). Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Microsoft Excel Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Batangkuis. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 4(1), 127–140.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. ABDI LAKSANA, 1(3), 351–355.

Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). Pemanfaatan Botol Bekas Sebagai Penyaring Air Bersih Sederhana Bagi Warga Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 1(3), 98–102.

Suryani, M. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 04 Pasar Pandan Air (PPA) Mati Solok Melalui Metode Inquiry. Inovasi Pembelajaran Berbasis Riset di Sekolah Dasar, 1 (1).

Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). 4 (2).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Apriansyah, M., Agrasadya, A., Sunarto, A., Irawati, L., & Kencana, P. N. (2020). Pengembangan Sdm Rumah Sakit di tengah Pandemi Covid-19 pada Rs. Medika Bsd. DEDIKASI PKM, 2(1), 61–67. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8493