Pelatihan Public Speaking dan Digital Marketing di Masa Pandemic Covid-19 Pada Komunitas IX Pondok Aren Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8494Keywords:
Public speaking, digital marketing, komunitas, pandemic covid 19Abstract
Belajar public speaking dan digital marketing bisa dilakukan oleh siapa saja terlebih oleh para milenial yang ingin mengembangakan keahlian, keterampilan serta pengembangan diri. Termasuk sebuah komunitas. Sebuah komunitas yang baik harus mampu meningkatkan kemampuan, kemandirian sumber daya yang ada, yaitu dimana sebuah komonitas harus mampu menghasilkan sebuah terobosan baik bagi anggotanya, maupun bagi kelompok komunitas tersebut. Komunitasnya harus mampu menghasilkan keuntungan baik berupa finansial maupun non finansial. Keuntungan finansial harus diawali usaha atau bisnis walau secara kecil-kecilan. Hal itulah yang mendorong kami untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada komunitas ARIMBIN IX. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan anggota komunitas pencinta alam tersebut agar mampu berkomunikasi dengan baik, mempunyai rasa percaya diri ketika tampil didepan umum serta memberikan pembekalan anggota komunitas pecinta alam untuk berwirausaha melalui digital marketing pada masa pandemic covid-19. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, praktek dan tanya jawab, serta pendampingan bagi komunitas secara rutin. Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan sebuah komunitas yang produktif baik bagi organisasi maupun anggotanya baik dimasa pandemic maupun dimasa yang akan datangReferences
Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2016. Manajemen Pemasaran. Cetakan kelima. Jakarta. Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.
Alma, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.
Ariyanto, Aris 2019, The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.
Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.
_____, Philip. et. al. 2020. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Cetakan kelima. Jakarta. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.
Mamang, Etta Sangadji dan Sopiah. Perilaku Konsumen. 2013. Edisi satu. Yogyakarta. Penerbit CV. Andi Offset.
Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.
Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.
Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library
Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
_______, Basu Dharmamesta dan Hani, T Handoko. 2018. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan ketujuh. Yogyakarta. Penerbit BPFE.