Pentingnya Mengatur Keuangan di Masa Pandemi pada Yayasan Pendidikan Islam Rumah Tahfidz Al-Hikam Pondok Aren Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8496Keywords:
Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Pandemic Covid 19Abstract
dan menurunya daya beli, dimana kondisi ini membuat persoalan pengelolaan keuangan menjadi masalah yang di hadapin oleh banyak orang. Oleh karna itu penting Bagi kita untuk belajar bagaimana mengelola keuangan agar selamat dari Pandemi. Berangkat dari pertimbangan di atas, Yayasan Pendidikan Islam Rumah Tahfidz Al- Hikam sebagai lembaga pendidikan yang menyantuni bidang pendidikan merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalammengatur keuangan pembangunan bangsa melalui Ilmu managemen dan mengenal akuntansi. Rumah Tahfidz Al-Hikam mempunyai Guru yang professional dengan etos kerja rapi dan baik, tetapi dalam masa pandemic ini banyak sekali kalangan termasuk orng tua murid dan guru mengeluh tenteang keuangan selain daya tahan tubuh, kondisi keuangan juga perlu diperhatikan secara ekstra di tengah pandemi COVID-19. Meski sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) apakah memangkas ongkos transportasi dan menjadi hemat ? Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Banyak yang beranggapan bahwa manajemen keuangan hanya kegiatan catat-mencatat uang secara akuntansi dan menjadi tanggung jawab dari bagian keuangan saja. Padahal, manajemen keuangan sangat luas dan penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan mengatur kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh pendanaan modal kerja, penggunaan dan pengalokasian dana dan mengelola aset yang dimiliki baik individi maupun organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan yang di inginkan.References
Dewi, I.K., & Solihin, D. (2020). PENGARUH CURRENT RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2018. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi 2 (2), 183-191.
Dewi, I.K., Ahyani., Sudarso, A.P., Liawati., & Widowati. (2020). PENGELOLAAN HASIL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN HARGA JUAL PADA PETANI DI DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG – BANTEN. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.
Guntur Setiawan. (2004). Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Mardiana, S., Supriyatna, W., Hasanah, Y. M., Zakaria., & Indirasari, I. (2010). Optimalisasi Anggaran Keuangan Di Masa Pandemi Pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Nurdin Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Qurbani, D., Mardiana, S., & Nugroho, R. D. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Rusdiana. A. (2013). Manajemen Keuangan Pendidikan. Bandung:Arsad Press
Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi., & Susanto, N. (2020). PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UKM KELURAHAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGGERANG-BANTEN. DEDIKASI PKM. 1 (3).
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH WARGA DI KELURAHAN PANINGGILAN UTARA CILEDUG. ABDI LAKSANA, 1(3), 351–355.
Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). PEMANFAATAN BOTOL BEKAS SEBAGAI PENYARING AIR BERSIH SEDERHANA BAGI WARGA DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG. DEDIKASI PKM, 1(3), 98–102
Solihin, D. (2019). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma. Tbk, KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 7 (1).
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3), 30-36.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. 4 (1), 38 – 51.
Solihin, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK). Jurnal Semarak 3 (1), 20-26.