Implementasi Prinsip 7p Bauran Pemasaran dalam upaya Meningkatkan Omzet Ukm pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Yulianto Yulianto Universitas Pamulang
  • Syamsul Mu`Arif Universitas Pamulang
  • Yenni Cahyani Universitas Pamulang
  • Suciati Muanifah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8497

Keywords:

7P Bauran pemasaran, UMKM, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM di tengah pandemi covid 19. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat ini keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan cara sharing seasion dalam bentuk webinar dan juga pendampingan lapangan guna mendapatkan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi pelaku usaha UMKM. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini berupa pembuatan video iklan untuk memasarkan produk AuRinS sambel balado serta pemanfaatan sosial media untuk pemasaran produk. Ilmu yang didapatkan pada Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi dosen dalam upaya mengembangkan diri memberikan pengarahan, penyampaian materi dan motivasi serta berkontribusi bagi perkembangan dunia usaha khususnya sektor UMKM baik di sekitar lingkungan kampus maupun secara nasional.

References

Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.

https://www.jurnal.id/id/blog. UMKM, Tantangan Pasar dan Solusi Digital. (diakses pada 9 November 2020)

https://www.liputan6.com. Beda Kondisi UMKM Saat Pandemi Corona di 2020 dengan Krisis Ekonomi 1998. (diakses pada 9 November 2020)

Ida Farida et al. (2016)"Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online". Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 1, No. 1, hal 31-40

Muslikh, Suhirman. (2019) "Program Pendampingan Bagi Pelaku UMKM Menuju Usaha Yang Berdaya Saing dan Berbasis Teknologi Informasi di Cempaka Putih Jakarta Pusat". Jurnal PKM Universitas YARSI Jakarta.

Qurbani, D., Mardiana, S., & Nugroho, R. D. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. 1 (3).

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH WARGA DI KELURAHAN PANINGGILAN UTARA CILEDUG. ABDI LAKSANA, 1(3), 351–355.

Solihin, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK). Jurnal Semarak 3 (1), 20-26.

rumahpemberdayaan.com (diakses pada 9 November 2020)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Yulianto, Y., Mu`Arif, S., Cahyani, Y., & Muanifah, S. (2020). Implementasi Prinsip 7p Bauran Pemasaran dalam upaya Meningkatkan Omzet Ukm pada Masa Pandemi Covid 19. DEDIKASI PKM, 2(1), 87–93. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8497