Pengenalan Laporan Keuangan Nirlaba Pada Komunitas Arimbin IX

Authors

  • Anum Nuryani Universitas Pamulang
  • Dodi Persada Universitas Pamulang
  • Yusni Nuryani Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang
  • Asep Muhammad Luthfi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8500

Keywords:

Arimbin IX, Laporan keuangan, Organisasi Nirlaba

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memperkenalkan laporan keuangan organisasi nirlaba. Arimbin IX adalah organisasi nirlaba di Tangerang Selatan yang kegiatan utamanya adalah mendaki. Metode pengabdian masyarakat ini meliputi tahap observasi, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi dua yakni penjelasan materi dan pelatihan pembuatan laporan keuangan. Uang adalah hal yang sensitif bagi setiap orang, terutama bagi sebuah organisasi. Dalam organisasi dibutuhkan bagian keuangan atau bendahara untuk mengelola uang. Untuk pelaporan pendapatan dan pengeluaran dana, pria yang ditempatkan di divisi keuangan harus membuat laporan keuangan. Komunitas Arimbin IX memiliki seorang bendahara, namun melihat latar belakang pendidikan dan usia semua anggotanya membuat kami tertarik untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Dalam kegiatan ini kami memperkenalkan akuntansi, siklus akuntansi, entri, buku besar dan laporan keuangan termasuk neraca, arus kas, laporan aktivitas dan catatan atas laporan keuangan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah organisasi memiliki kerangka divisi keuangan yang mampu menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan andal.

References

Anggraeny, S. N., Kudhori, A., & Fikria, A. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dalam Lingkup Yayasan Pendidikan Dan Pondok Pesantren Subulul Huda Kembang Sawit. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1).

Ikatan Akuntansi Indonesia. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45 Tentang Laporan Keuangan Entitas Nirlaba. P 09-34 (Book).

Sujarweni, V. (2015). Akuntansi Sektor Publik. Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Nuryani, A., Persada, D., Nuryani, Y., Yusuf, A., & Luthfi, A. M. (2020). Pengenalan Laporan Keuangan Nirlaba Pada Komunitas Arimbin IX. DEDIKASI PKM, 2(1), 107–112. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8500