Pemasaran Online Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Keuangan Penjualan Dimasa Pandemik Pada Nelayan di Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan

Authors

  • Endang Nurita Universitas Pamulang
  • Rissa Hanny Universitas Pamulang
  • Ninik Anggraini Universitas Pamulang
  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang
  • Rudy Bodewyn M.T Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8502

Keywords:

Pemasaran Online, Penjualan, Keuangan, Pandemik

Abstract

Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemasar harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya Dalam kegiatan entrepreunership Para istri Nelayan  dalam berbisnis telah teruji dengan adanya krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia saat . Wirausaha yang berbasis pada ekonomi rakyat ternyata mampu bertahan dalam situasi yang sulit sekarang ini. Para Nelayan diharapkan juga mampu menciptakan wirausahawan-wirausahawan yang handal, sehingga mampu memberi dorongan niat masyarakat Pulau Pari  untuk berwirausaha agar menjadi pribadi yang mandiri untuk meraih keberkahan dalam kehidupannya dengan berwirausaha dan memasarkan produknya. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah berubahnya pola pikir dan wawasan dari peserta yang mengikuti penyuluhan sebagaimana dibuktikan dengan adanya games dan challenge untuk menguji kemampuan dan wawasan peserta PKM.

References

Ahmadi. (1988). Panduan Pengajar Buku Ketrampilan Menulis. Jakarta: PPLPTK

Amin Widjaja Tunggal, Manajemen: Suatu Pengantar, (Jakarta: Rineka Cipta 2012), hlm.251

Dedi Mulia. (2004). Alternatif Pengembangan Gugusan Pulau Pari Kepualauan Seribu Sebagai Objek Wisata Eko Bahari di DKI Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Pertanian Bogor

Hendrawaty. Dkk, (2006), Bisnis dan Manajemen. Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan, ISSN 1411 - 9366 Volume 2 No. 3 Mei 2006. Mei 2015

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terj. Edisi kesepuluh jilid I bekerja sama dengan. Penerbit Erlangga. Jakarta: Erlangga

Siswanto, (2005), Pengantar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta

Tegeh, I Made, dkk. (2013). Seminar Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Undang-Undang Nomor 7 tahun 2006 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi daya Ikan dan Petambak Garam

Data Pengunjung Pulau Pari tahun 2019.2019. https://data.jakarta.go.id/dataset/data- jumlah-penumpang-di-wilayah-kepulauan-seribu-tahun-2017,

Website Pemerinta Provinsi DKI Jakarta;

https://www.taupasar.com/2020/06/pemasaran-online-definisi-jenis-jenis.html

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Nurita, E., Hanny, R., Anggraini, N., Amirudin, A., & M.T, R. B. (2020). Pemasaran Online Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Keuangan Penjualan Dimasa Pandemik Pada Nelayan di Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. DEDIKASI PKM, 2(1), 113–117. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8502