Pelatihan Manajemen Peningkatan Produktivitas Remaja di masa Pandemi Covid-19 pada Pkbm Bimasda

Authors

  • Iis Noviyanti Universitas Pamulang
  • Feb Amni Hayati Universitas Pamulang
  • Lia Asmalah Universitas Pamulang
  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Randhy Agusentoso Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8682

Keywords:

Pelatihan, Manajemen Pemasaran, PKBM

Abstract

PKBM BIMASDA melibatkan banyak komponen masyarakat untuk menjadi penguat organisasi, sebagai pengajar dan juga sukarelawan.  PKBM BIMASDA bersama masyarakat ingin mewujudkan pendidikan nonformal yang dapat merangkul masyarakat menengah ke bawah yang tidak mendapat akses pendidikan formal atas berbagai alasan atau pun anak putus sekolah karena kesempitan ekonomi. Adapun sasaran dan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pengarahan kepada remaja  warga belajar PKBM BIMASDA agar dapat meningkatkan produktivitasnya di masa pandemic Covid 19 dengan mengembangkan ide usaha yang sesuai bakat/potensi pribadinya dan sesuai pula dengan peluang dan kebutuhan masyarakat.Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan penyuluhan serta diskusi dalam konteks memberikan pelatihan dan pengarahan kepada para remaja warga belajar PKBM BIMASDA agar dapat meningkatkan produktivitasnya di masa pandemic Covid 19 saat ini melalui daring dengan aplikasi google meeting Dengan adanya dampak pandemic Covid 19 yang meluas dan tidak dapat dihindari maka perlu adanya peningkatan kemampuan pada warga belajar PKBM BIMASDA untuk dapat meningkatkan produktivitasnya dengan mengembangkan ide dan menangkap peluang-peluang usaha di tengah masyarakat yang disesuaikan dengan potensi pribadinya. Dengan peatihan ini diharapkan wara belajar PKBM BIMASDA memiliki kemampuan untuk dapat mengembangkan ide dan menangkap peluang usaha di tengah pandemi Covid 19.  Dalam peningkatan produktivitas warga belajar PKBM BIMASDA tersebut tidak hanya dibutuhkan ide yang brilian dan peluang yang  terbuka lebar tetapi juga diperlukan perencanaan usaha yang terstruktur dengan baik.

References

Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.

Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Hasibuan, Malayu. (2012). “Manajemen Sumber Daya manusiaâ€. Jakarta: PT Bumi Aksara.

M. Manulang, (2011), Manajemen Personalia , Jakarta: PT Aksara Baru.

Mardiana, S., Supriyatna, W., Hasanah, Y. M., Zakaria., & Indirasari, I. (2010). Optimalisasi Anggaran Keuangan Di Masa Pandemi Pada Desa Cicalengka Kabupaten Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM. 1(3).

Qurbani, D., Mardiana, S., & Nugroho, R. D. (2020). Meningkatkan Minat Dan Potensi Generasi Milenial Khususnya Siswa-Siswi SMK Darussalam Untuk Memulai Bisnis Online Dengan Sistem Dropship. DEDIKASI PKM. 1 (3).

Sinungan, Muchdarsyah. (2014). Produktivitas Apa dan Bagaimana. cetakan ke 9. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Noviyanti, I., Hayati, F. A., Asmalah, L., Arianto, N., & Agusentoso, R. (2021). Pelatihan Manajemen Peningkatan Produktivitas Remaja di masa Pandemi Covid-19 pada Pkbm Bimasda. DEDIKASI PKM, 2(1), 94–99. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8682