Penyuluhan Media Sosial dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9467Keywords:
Media Sosial, Efektifitas, Efesiensi, CovidAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penyuluhan masyarakat dalam mengelola dan memikirkan tata kelola yang efektif tentang solusi mengembangkan potensi para santri untuk memanfaat sosial media sebagai upaya pencapaian tujuan untuk membangun perekonomian untuk rumah tahsin dan tahfid al - hikam. Program yang kami usulkan adalah Penyuluhan Media Sosial Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembangunan Rumah Tahfidz Al-Hikam Pada Masa Pandemi Covid-19. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi dan internet marketing sosial media yang dampak positifnya bagi para santri maupun tenaga pengajar para rumah tahfids dan tahsin al-hikam untuk mampu membuka wirausaha. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan sebuah usaha dan kemampuan untuk berdagang secara online untuk perbekalan di masa yang akan datang.References
Alma, (2013), Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi,
Rineka Cipta. Jakarta
Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020).
Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp.
Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS:
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.
Ariyanto, Aris 2019, The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at
PT Sarana Estate
Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.
Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.
Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara.
Sagung Seto, Jakarta.
Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip.
Semarang.
Hasan, 2009, Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.
Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Jhon D. Millet, 2012, Management in the public service: The quest for effective performance.
New York: McGraw-Hill.
Kotler dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan,
Indeks, Jakarta.
Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.
Kurniali, S. (2009). Peran Media Sosial Di Internet Pada Penerapan Proses Knowledge
Management. Skripsi. Program Studi Manajemen Sistem Informasi Bina Nusantara
Jakarta; 8-9.
Legawa, Aby. 2008. Komponen Produk Pariwisata dengan Acuan Khusus. Jakarta: Gramedia
Pustaka
Mahendrawaty, Nanih dan Agus Ahmad Syafe’i. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam:
dari ideology strategi sampai strategi. Bandung: PT.Rosdakarya
Mukhlis, Mukhamad Memasyarakatkan Shodaqoh melalui Pendidikan Agama Islam Studi
Permasyarakatan Shodaqoh di PPPA Daarul Qur’an
Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan
Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada
Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.
Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.
Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Rosvita, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap
Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro.
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi,
Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung
Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi
Indonesia. Aditya Media Publishing, Surabaya
Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya,
Bandung.
Shinta Agustina, 2011, Perilaku Konsumen : Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen
Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.
Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using
Social Media to Grow Their Business
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social
Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems.
Association for Inforamtion System Electronic Library
Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.
Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.
Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.